Kompas.com - 07/06/2022, 20:09 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Generasi muda zaman sekarang sudah akrab dengan dunia gaming baik yang ada di smartphone maupun komputer atau laptop.

Hal ini juga tak terlepas karena perkembangan pesat aspek digital. Bahkan game di smartphone kini sudah menjadi cabang olahraga resmi dan dilombakan di tingkat nasional maupun internasional.

Untuk memfasilitas mahasiswa yang terampil memainkan gim di smartphone, Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) mendirikan dan meresmikan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) berbasis Esport, yakni UMM Esport.

Ketua UMM Esport Nizar Muttaqin menceritakan bahwa sebelum resmi menjadi UKM, UMM Esport ini berbentuk komunitas game Mobile Legend (ML) yang sudah ada sejak tahun 2019.

Baca juga: Perusahaan Jasa Konsultasi Ini Buka Lowongan Kerja bagi S1, Ayo Daftar

UMM dirikan UKM Esport

Karena animo dan antusiasme para mahasiswa yang tinggi, akhirnya mereka berdiskusi dengan pihak kampus hingga hadirlah UKM itu.

UMM Esport ini baru diresmikan pada bulan Februari 2022 silam. Menariknya, meski berawal dari gim Mobil Legend, tapi kini pihaknya sudah melebarkan divisi. Salah satunya yakni divisi PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG).

"Setelah resmi menjadi UKM, kami melebarkan sayap ke game lain yaitu PUBG agar bisa menjangkau banyak mahasiswa lainnya. Lagipula ada banyak gim-gim kompetitif lain yang bisa dikembangkan," terang Nizar seperti dikutip dari laman UMM, Selasa (7/6/2022).

Nizar menjelaskan, sudah ada sederet kegiatan yang dilaksanakan. Mulai dari pengadaan turnamen, fun match dan open recruitment.

Baca juga: Pakar UGM Sarankan Hal Ini untuk Cegah Penularan Cacar Monyet

Khususnya turnamen, UMM Esport telah banyak menjalin kerja sama. Baik dari internal UMM seperti BEM dan juga eksternal.

Dibentuk dua divisi di UKM Esport

Mahasiswa asli Surabaya ini menuturkan, ada dua bentuk divisi yang ada di UKM terkait. Di antaranya Divisi Pro-Scene dan Divisi Game.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.