Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

FKG Unhas Pasang 223 Gigi Tiruan, Sukses Pecahkan Rekor MURI

Kompas.com - 07/06/2022, 13:34 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya menggelar bakti sosial (baksos) saja, tetapi Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Hasanuddin (Unhas) berhasil memecahkan rekor MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia).

Ternyata, baksos yang digelar FKG Unhas itu dalam pelaksanaan pemasangan gigi tiruan terbanyak kepada 223 pasien secara serentak.

Momentum yang terjadi melalui program Bakti Sosial Perawatan Gigi ini berlangsung di Gelanggang Olah Raga JK Arenatorium, Kampus Unhas Tamalanrea, Makassar, Sabtu (4/6/2022).

Baca juga: Ini Cerita Alumnus Unhas Raih Gelar Doktor di Irlandia pada Usia 25

Bakti Sosial bertema “Satu langkah kecil dengan kepedulian yang besar” oleh Program Pendidikan Dokter Gigi Spesialis (PPDGS) Prostodonsia FKG Unhas diselenggarakan atas kerja sama dengan Bank Syariah Indonesia (BSI).

Fasilitasi masyarakat dapat perawatan gigi

Menurut Ketua Panitia drg. Irfan Dammar, Sp.Pros(K), sebelum kegiatan, penyelenggara membuka pendaftaran, dimana sebanyak 245 pasien yang masuk tahapan penjaringan.

Usai melalui serangkaian asesmen, sebanyak 223 pasien yang sesuai dengan kondisi kesehatan untuk pemasangan gigi sementara dan siap dipasangkan gigi tiruan.

Irfan juga menjelaskan, baksos ini ini bertujuan memfasilitasi masyarakat dalam mendapatkan pelayanan kesehatan perawatan gigi dan mulut secara gratis melalui pemasangan gigi tiruan.

"Dalam pelaksanaannya, FKG Unhas berkolaborasi bersama sembilan Pusat Kesehatan Masyarakat, termasuk dari delapan wilayah Kota Makassar dan satu dari Kabupaten Takalar," ujarnya dikutip dari laman Unhas.

Baca juga: Pesawat Haerul bersama FT Unhas Tak Lama Lagi Segera Diterbangkan

Setelah pemasangan gigi tiruan, setiap pasien diarahkan untuk tetap melakukan pemeriksaan gigi secara berkala di RS Gigi dan Mulut Unhas.

Unhas sebagai humaniversity

Sementara Dekan FKG Unhas Prof. Muhammad Ruslin, drg. M.Kes., Ph.D., Sp.BM(K) dalam sambutannya menyatakan baksos ini merupakan bukti nyata Unhas sebagai perguruan tinggi yang mengusung humaniversity.

"FKG Unhas akan terus memberikan pelayanan dan perhatian kepada masyarakat melalui program kesehatan sebagai realisasi dan sikap kepedulian kepada sesama," tuturnya.

Tentu kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan mendorong kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan gigi dan mulut.

Sedangkan Rektor Unhas, Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, M.Sc., mengatakan, program yang dihadirkan melibatkan sumber daya manusia profesional, dan mengedukasi kesehatan masyarakat, khususnya kesehatan gigi dan mulut.

"Hari ini adalah bukti pencapaian Unhas melalui Fakultas Kedokteran Gigi," katanya.

Baca juga: Ini Cerita Alumnus Unhas Jadi Komisaris Termuda Bank Syariah Indonesia

"Rekor MURI yang diterima adalah semangat dan motivasi untuk terus melangkah dalam mewujudkan pelayanan kesehatan terbaik, guna meningkatkan kesadaran masyarakat yang mandiri akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut," jelas Rektor Unhas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com