Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio, sebagai bagian dari KG Radio Network yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?

Kompas.com - 06/06/2022, 09:01 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini


Oleh: Alifia Riski Monika dan Fandhi Gautama

KOMPAS.com - Menjalankan dua peran penting sebagai mahasiswa dan pekerja secara bersamaan tentu tidak mudah. Padatnya aktivitas tak jarang membuat kita harus melaksanakan tugas secara bersamaan. Maka dari itu, kita perlu menyiasatinya dengan baik.

Percaya atau tidak, banyak orang yang sukses menjalankan dua peran penting tersebut. Mereka juga punya kehidupan sosial hingga keluarga yang sama baiknya. Lalu, bagaimana cara mereka melakukan keduanya secara bersamaan?

Melalui siniar Smart Inspiration edisi Career bertajuk “Kuliah Sambil Kerja, Apakah Bisa Seimbang?”, dijelaskan bahwa kita harus terus menggali potensi yang ada dalam diri meskipun harus ada pengorbanan lebih. Namun hal ini bisa diatasi asalkan kita bisa mengetahui cara yang tepat.

Keputusan untuk tetap kuliah sambil bekerja memang terdengar melelahkan karena kita harus pintar membagi waktu agar tidak ada tugas dan tanggung jawab yang terabaikan. Jika berani mengambil keputusan untuk kuliah sambil bekerja, kita adalah orang yang hebat!

Beberapa perusahaan tak jarang punya kebijakan yang mengharuskan karyawannya untuk lanjut kuliah di jenjang yang lebih tinggi. Itulah mengapa banyak perusahaan yang akhirnya memberikan beasiswa pada karyawan dengan etos kerja yang bagus.

Baca juga: 5 Tips Dapatkan Beasiswa Kuliah ke Luar Negeri

Agar bisa memanfaatkan peluang keduanya dengan baik, kita perlu memiliki cara untuk mengaturnya. Melansir Cornerstone University, berikut tips agar bisa menjalankan kedua peran penting ini dengan baik.

1. Fokus pada Tujuan

Sejatinya ini bukanlah metode, melainkan pengingat. Saat terlalu keras belajar dan bekerja, segalanya seakan menjadi ‘gila’. Kita akan merasa kewalahan dan bertanya-tanya, “Mengapa aku harus melakukannya secara bersamaan?”

Jika hal ini muncul, kita harus mengingat kembali tujuan akhir yang telah disusun. Misalnya, ingatlah ada kebutuhan finansial yang harus dicukupi karena ingin tetap menghidupi keluarga sambil mendapatkan gelar untuk promosi jabatan yang lebih tinggi.

2. Maksimalkan Tiap Waktu yang Ada

Kita bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal-hal berguna. Misalnya, setelah istirahat makan siang, kita bisa memanfaatkan waktu itu untuk mengulang kembali pelajaran.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.