Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dosen Unpad Galang Donasi Bantu UKT Mahasiswa dengan Berlari 63 Km

Kompas.com - 05/06/2022, 09:17 WIB
Mahar Prastiwi,
Albertus Adit

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kondisi pandemi Covid-19 sudah terjadi sejak awal 2020 silam. Kondisi ini sempat membawa dampak hampir di semua sektor.

Meski kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia sudah makin mereda, namun masih banyak sektor yang terimbas adanya pandemi. Terutama perekonomian keluarga.

Perekonomian keluarga yang belum pulih betul ini juga berimbas pada beberapa mahasiswa yang mulai kesulitan memenuhi kewajiban UKT.

Kondisi ini mendorong pengelola fakultas di Universitas Padjadjaran turut mencari solusi demi membantu kesulitan mahasiswa.

Baca juga: Susi Air Buka Lowongan Kerja Lulusan S1, Segera Daftar

Fakultas gigi Unpad lakukan penggalangan dana

Berbagai program telah dilakukan. Salah satunya program penggalangan dana untuk pendidikan dan non-pendidikan di Fakultas Kedokteran Gigi Unpad.

Melalui rangkaian Smart and Green Dentistry 2022, FKG Unpad menggelar program penggalangan yang cukup unik, yaitu melakukan lari jarak ultra dengan tujuan untuk penggalangan dana.

Program ini digagas Guru Besar Bidang Ilmu Kedokteran Gigi Anak Prof. Dr. Arlette Setiawan.

Prof. Arlette yang juga seorang pelari ini mencoba melakukan lari ultra atau lari dengan jarak lebih dari 50 kilometer.

Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan donasi membantu UKT mahasiswa FKG Unpad.

Tidak tanggung-tanggung, Prof. Arlette menempuh jarak sejauh 63 kilometer. Angka ini disesuaikan dengan usia FKG Unpad yang memasuki 63 tahun di 2022 ini.

Baca juga: Jangan Panik, Begini Pertolongan Pertama pada Orang Tenggelam

Dorong mahasiswa tetap kuliah meski kondisi sulit

Mengambil tajuk "63k untuk #tetapkuliah", Prof. Arlette menyelesaikan lari maratonnya pada 25–26 Mei 2022 silam.

"Tagar #tetapkuliah merupakan kata motivasi agar mahasiswa tetap berkuliah walaupun dalam kondisi sulit," kata Prof. Dr. Arlette Setiawan seperti dikutip dari laman Unpad, Minggu (5/6/2022).

Penggalangan dana sendiri telah dibuka melalui platform penggalangan dana Kitabisa dimulai dari 20 Februari hingga 31 Mei 2022.

Baca juga: PAMA Buka 10 Lowongan Kerja Lulusan S1 Banyak Jurusan, Segera Daftar

Dengan mengusung tema “Bersama Kita Bangkit, FKG Unpad”, aksi penggalangan dana ini menargetkan para alumni FKG untuk bergabung sebagai donatur beasiswa.

Prof. Arlette menjelaskan, target dana yang terkumpul dari program ini adalah sebesar Rp 50 juta.

Berhasil galang Rp 41,5 juta

Target penerima bantuan difokuskan untuk mahasiswa FKG Unpad. Berjalan sekitar sebulan, terkumpul 152 donatur yang menyumbangkan hartanya melalui platform tersebut.

Satu di antara donatur merupakan sejawat yang berhasil menggalang 40 donasi dengan melakukan kegiatan bersepeda dari Bandung hingga Pangandaran.

Baca juga: Unesa Masuk 20 Besar Kampus Terbaik Versi THE AUR 2022

Total donasi yang terkumpul sebesar Rp 41,5 juta. Donasi tersebut seluruhnya disumbangkan untuk peningkatkan kapasitas pendidikan pada program "Smart and Green Dentistry 2" FKG Unpad.

"Angka ini tentu jauh bila dibandingkan dengan beberapa kegiatan sejenis yang pernah saya ikut berpartisipasi. Namun menjanjikan untuk ke depannya bila pengelolaan dan perencanaan yang lebih baik, sehingga bisa menjadi ide kegiatan alumni dalam memperkuat endowment fund," tutup Prof. Arlette.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com