Kompas.com - 04/06/2022, 15:27 WIB
|

KOMPAS.com - Para mahasiswa dan alumni harus paham mengenai beberapa hal sebelum mencari pekerjaan. Apa saja itu? Salah satunya ialah pentingnya personal branding.

Hal itu dibahas dalam webinar gelaran Pusat Pengembangan Karier Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) Universitas Ahmad Dahlan (UAD) bekerja sama dengan Yureka Education Center (YEC).

Dilansir dari laman UAD, Jumat (3/6/2022), sesuai dengan tajuk yang diusung, yaitu perencanaan dan pengembangan karier, maka pembahasan webinar berkisar seputar Curriculum Vitae (CV), personal branding, serta tips dan trik dalam menghadapi job interview.

Baca juga: Mahasiswa UAD Bagikan Tips Melawan Stres Berat di Semester Akhir

Kepala Pusat Pengembangan Karier Bimawa UAD, Hendy Ristiono, M.P.H., Apt., menyampaikan bahwa acara ini merupakan sebuah momentum yang tepat bagi mahasiswa dan alumni untuk lebih mempersiapkan karier agar bisa survive di dunia kerja.

Pentingnya personal branding

Sementara Asep Ismail selaku HR Manager YEC Yogyakarta menjelaskan, salah satu hal krusial yang wajib dijadikan poin penting ketika mempersiapkan karier adalah personal branding, atau cara seseorang mengambil kendali penilaian orang lain atas diri individu tersebut.

Personal branding penting dilakukan untuk membangun kredibilitas, menambah kepercayaan diri, dan memperluas koneksi.

"Ketiga hal tersebut tidak bisa hadir secara instan, oleh karena itu harus dibangun sejak dini," ujarnya dikutip dari laman UAD.

 

Adapun beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk membangun personal branding antara lain:

  • lebih mengenal diri sendiri (skill, passion, interest)
  • menentukan tujuan dengan jelas
  • menjaga konsistensi atau tidak hanya ikut-ikutan
  • membuat konten yang sesuai dengan bidang kita
  • memperluas koneksi

Baca juga: Webinar UAD Beberkan Cara Bangun Bisnis di Era Digital

Asep juga menjelaskan tentang CV ATS (Applicant Tracking System), sebuah sistem yang digunakan untuk menyortir ribuan CV yang memenuhi kriteria.

Menurut Asep, rata-rata hanya ada sekitar 25 persen CV yang lolos seleksi di setiap perusahaan. Untuk membuat sebuah CV yang baik, bagian-bagian yang harus masuk adalah:

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.