Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar IPB: Buah dan Sayur Ini Cocok untuk Kesehatan Kulit

Kompas.com - 03/06/2022, 12:12 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Banyak jenis pangan lokal yang dapat dimanfaatkan untuk kesehatan kulit. Seperti yang dilakukan oleh Prodi Manajemen Industri Jasa Makanan dan Gizi Sekolah Vokasi IPB University.

Pada webinar yang digelar prodi tersebut coba mengangkat topik mengenai “Pemanfaatan Pangan Lokal untuk Kesehatan Kulit”.

Menurut Ketua Program Studi MIJMG Dr. Rina Martini, kulit merupakan organ terbesar yang melindungi tubuh manusia dari berbagai gangguan. Kulit merupakan garda pertama untuk menangkal infeksi bakteri, efek gesekan, radiasi, bahkan dehidrasi.

Baca juga: Mau Turunkan Berat Badan? Ini 5 Buah untuk Diet

Masalah kulit biasa timbul disebabkan oleh beberapa perubahan hormon pada tubuh. Estrogen disebut sebagai salah satu hormon yang memainkan banyak peranan penting dalam tubuh.

Level estrogen di dalam tubuh dapat mempengaruhi kondisi kulit secara langsung, mulai dari produksi elastin, dan kolagen. Sedangkan hormon estrogen juga berkontribusi dalam menjaga kelembaban kulit dan elastisitasnya.

"Pelaksanaan webinar ini merupakan salah satu capaian pembelajaran mahasiswa, bagaimana mahasiswa mampu menyampaikan materi yang sesuai dengan kompetensi keilmuannya, khususnya di bidang ilmu gizi," ujarnya dikutip dari laman IPB, Jumat (3/6/2022).

Dikatakan, asupan pangan lokal, lingkungan sekitar, kebiasaan makan akan sangat berpengaruh dalam pemilihan pola makan gizi seimbang. Bahkan, dapat menentukan tingkat status gizi seseorang, khususnya berkaitan dengan kesehatan kulit.

Sedangkan salah satu narsumber, Rindra Prameswari Sampadha Putri, STRGZ mengatakan, kulit cantik dan sehat itu tidak harus selalu putih.

Ciri-ciri kulit sehat

Hal ini karena ciri-ciri kulit sehat yang sesungguhnya ialah:

  • bersih (bebas jerawat, flek hitam, dan komedo)
  • lembab dan kenyal tanpa keriput halus
  • halus dan tidak bersisik
  • bebas selulit
  • warna kulit cerah alami dan merata

Baca juga: Makan Sayur dan Buah Minimal 5 Porsi Sehari, Siswa Sudah Tahu?

Tapi, bagaimana caranya untuk mendapatkan kulit cantik dan sehat itu? Ia mengatakan, mengatasi masalah kulit yang ada dengan melawan dan waspada terhadap radikal bebas (polutan udara, radiasi, zat-zat kimia karsinogenik, asap rokok, bakteri, virus).

Salah satu dampak radikal bebas yang ditimbulkan yaitu penuaan kulit, kanker dan kerusakan jaringan tubuh.

"Cara mengatasinya dengan memanfaatkan antioksidan yang dapat ditemukan dalam makanan dan produk perawatan kulit," jelasnya.

Selain itu, perlu juga untuk menerapkan konsep empat pilar gizi seimbang yang terdiri dari:

  • mengonsumsi makanan beragam
  • perilaku hidup bersih
  • melakukan aktivitas fisik
  • menjaga berat badan ideal

Narasumber lainnya, Annisa Rizkiriani, SGz., MSi., mengenalkan serta menjelaskan tentang struktur anatomi kulit dan masing-masing fungsinya.

Baca juga: Siswa, Ini Pengertian dan Klasifikasi Sayuran

Ia menerangkan, cara merawat kesehatan kulit yaitu dengan merawatnya dari luar, merawatnya dari dalam, dan pentingnya mengontrol emosi dan pikiran.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com