Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 02/06/2022, 15:40 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat pesat memberikan dampak pada kemajuan di seluruh sektor industri. Dengan kondisi tersebut, jumlah penduduk terus bertambah, sedangkan faktor produksi cenderung terbatas.

Hal ini mendorong aktivitas bisnis suatu negara untuk melakukan ekspansi ke luar negeri. Setiap negara memiliki keterbatasan dan kelebihannya sehingga mendorong aktivitas bisnis yang ada pada suatu negara untuk melakukan ekspansi ke luar negeri.

Bisnis domestik yang selama ini dilakukan oleh perusahan-perusahaan nasional mulai ditinggalkan untuk beranjak ke bisnis yang berskala internasional atau dengan kata lain perusahaan mulai terlibat dalam bisnis internasional.

Fariz Hutama Putra, Head of International Business Management I3L School of Business (ISB) menyatakan Bisnis internasional adalah istilah yang digunakan untuk bisnis yang melibatkan minimal dua negara.

Bisnis internasional semakin banyak dipelajari mengingat manfaat mempelajari bisnis internasional dalam kemajuan suatu bisnis dan usaha.

Berikut ini adalah manfaat mempelajari bisnis internasional:

1. Mengetahui perkembangan bisnis negara lain

Produk dari negara lain juga bisa menjadi pesaing dalam perdagangan, sehingga sangat penting manfaat mempelajari

bisnis internasional. Jika perusahaan tidak mengetahui perkembangan bisnis maka perusahaan akan kesulitan dalam mengembangkan bisnis.

Baca juga: Tertarik Masuk Prodi Teknik Mesin ITB? Berikut Ulasan Lengkapnya

2. Mengetahui cara memperluas jaringan

Jaringan dan interaksi sangat penting dalam pertumbuhan internasional. Manfaat mempelajari bisnis internasional juga bisa mengetahui cara dan langkah-langkah yang perlu dilakukan oleh seorang pebisnis untuk memperluas jaringan.

3. Mengenal kebijakan perdagangan

Setiap negara memiliki kebijakan perdagangan yang berbeda-beda. Ketika perusahaan mulai memperluas penjualan produknya hingga ke negara lain, perusahaan harus mengikuti kebijakan yang berada di negara tersebut.

Ada banyak pengusaha yang masuk ke pasar internasional namun gagal karena tidak bekerja sesuai dengan perjanjian dagang atau kebijakan perdagangan negara lain.

Pengusaha sangat penting untuk manfaat mempelajari bisnis internasional sehingga mengetahui berbagai kebijakan yang berbeda dari negaranya sehingga bisa mengurangi resiko kerugian yang bisa timbul.

Pengusaha juga harus memahami bahwa terkadang ada pembatasan impor dan ekspor di negara lain, sehingga pengusaha harus mengikuti aturan tersebut.

Jika pengusaha tidak mengetahuinya maka pengiriman yang mereka lakukan dapat di blokir oleh negara yang bersangkutan. Manfaat mempelajari bisnis internasional juga memberi informasi mengenai produk yang sesuai bagi negara tertentu.

4. Mengetahui produk yang sesuai

Setiap negara hidup dengan kebudayaannya dan dapat berbeda dengan kebudayaan dari negara lain. Pengusaha harus memahami hal ini sehingga dapat menyediakan produk yang sesuai bagi negara lain.

Produk yang digemari di negaranya belum tentu digemari di negara lain. Mengetahui hal ini maka pengusaha dapat secara maksimal melakukan bisnis karena telah mengetahui yang diinginkan oleh pasar.

Baca juga: UGM Buka Beasiswa S2 2022 Prodi Agama dan Lintas Budaya

5. Mengenal aktivitas bisnis internasional

Ada beberapa aktivitas utama yang menjadi karakteristik bisnis internasional yaitu invisible trade, visible trade dan investasi internasional. Invisible trade adalah perdagangan dalam bidang jasa. Usaha ini dapat meliputi travel, bank dan sebagainya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com