Kompas.com - 30/05/2022, 13:06 WIB

KOMPAS.com - Pendidikan menjadi salah satu kunci penting dalam meningkatkan kualitas manusia. Melihat hal tersebut, Departemen Manajemen Bisnis (MB) dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) secara resmi menghadirkan Program S2 Magister Sains Manajemen (MSM).

Program baru tersebut menjadi upaya ITS dalam memberikan pendidikan berkualitas bagi para mahasiswa maupun calon mahasiswanya.

Kepala Program Studi (Kaprodi) Pascasarjana MB ITS, Muhammad Saiful Hakim mengatakan, program ini diharapkan dapat membentuk lulusan yang terampil dalam bidang akademik.

Menurut Saiful, S2 MSM ITS memiliki keunikan sendiri yang membedakan dengan Magister Manajemen Teknologi. (MMT) ITS. Berbeda dengan MMT ITS yang bersifat practical-oriented, MSM ITS lebih academic-oriented.

Baca juga: Biaya Kuliah Kedokteran 2022: UGM, UI, Undip, Unpad

“Persamaan yang kami hitung antara MMT ITS dengan MSM ITS adalah sebesar 11 persen,” jelasnya seperti dilansir dari laman ITS.

Ia juga menambahkan bahwa MSM ITS menawarkan spesialisasi ilmu manajemen bisnis dibandingkan institusi lainnya.

Dosen Departemen MB ITS tersebut turut menambahkan bahwa tesis yang dihasilkan oleh MSM ITS dan MMT ITS akan memiliki perbedaan signifikan.

Judul tesis MSM ITS cenderung mengembangkan keilmuan yang dapat diaplikasikan pada beberapa perusahaan, sedangkan tesis MMT ITS lebih mengarah pada penyelesaian suatu permasalahan spesifik di suatu perusahaan yang ada dalam filosofi riset bisnis.

Lebih lanjut, Saiful mengatakan bahwa lulusan MSM ITS nantinya diharapkan dapat bekerja di berbagai bidang menjanjikan, seperti konsultan bisnis, peneliti, wirausahawan, dan berbagai profesi lainnya.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

“Tentu terdapat beberapa syarat untuk lulus di program ini, seperti mampu menghasilkan tesis, menghasilkan produk penelitian ternama, dan syarat-syarat lainnya,” paparnya.

Berjumlah 40 satuan kredit semester (SKS), MSM ITS memiliki beberapa mata kuliah pilihan nan menarik. Di antaranya adalah manajemen keuangan internasional, pemasaran antar bisnis, manajemen rantai pasok, analisis investasi, dan beberapa mata kuliah lainnya.

“MB ITS siap untuk mendidik dan membimbing para mahasiswa S2 nantinya dengan dosen yang kompeten dan fasilitas yang memadai,” ujarnya.

Di akhir kesempatan, Saiful berharap bahwa S2 MSM ITS nantinya akan menciptakan lulusan berkualitas bagi masyarakat. “Kami berharap dengan terwujudnya program studi ini, banyak calon mahasiswa yang semakin antusias untuk melanjutkan studi mereka, khususnya di bidang manajemen bisnis,” tandasnya dengan penuh harap.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.