Kompas.com - 30/05/2022, 13:00 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi anak yang mulai merasa bosan ketika di rumah, maka orangtua bisa melakukan beberapa hal agar anak tidak bosan lagi.

Caranya tentu bukan bermain dengan gawai, tetapi dengan aktivitas yang menyenangkan bagi anak. Manfaat lainnya, anak bisa sambil belajar.

Tapi, bagaimana caranya? Tentu, cara menyiasati keadaan ini dapat dengan menyiapkan aktivitas belajar yang menarik perhatian anak sehingga anak akan fokus lebih lama saat belajar.

Baca juga: Ortu, Ini Solusi Jika Anak Tak Mau Bergaul

Yang tak kalah penting juga untuk orangtua dapat membimbing pada kegiatan yang memiliki arti.

Aktivitas menyenangkan di rumah bagi anak

Melansir laman Zenius, Kamis (12/5/2022), berikut ini 4 aktivitas menyenangkan bagi anak di rumah:

1. Belajar dengan banyak media

Dibandingkan orang dewasa, anak cenderung membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa berkonsentrasi. Dengan media pembelajaran seperti puzzle atau gambar berwarna anak-anak akan lebih bersemangat dalam belajar.

Tapi, sebisa mungkin media pembelajaran ini sesuai dengan pelajaran anak. Jadi alat peraga tersebut memiliki konteks pembelajaran sehingga anak akan lebih mudah memahami alur pembelajaran.

Selain membuat anak lebih mengerti, konteks pembelajaran berupa media belajar juga menciptakan pembelajaran yang lebih meaningful. Media pembelajaran bisa berupa gambar atau foto, peta atau globe bahkan video juga termasuk.

Baca juga: 6 Gangguan Perkembangan Anak Leukemia, Info Ners Unair

2. Anak diajarkan mengatur jadwal sendiri

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.