Kompas.com - 30/05/2022, 10:19 WIB

KOMPAS.com - Ada sejumlah alasan yang membuat calon mahasiswa memutuskan kuliah di Yogyakarta maupun Solo, mulai dari biaya hidup yang relatif murah hingga adanya deretan kampus terbaik.

Bila kamu memilih untuk kuliah di luar kota, terutama di Solo atau Yogyakarta, saatnya untuk mempertimbangkan biaya hidup yang diperlukan setiap bulannya.

Pasalnya, tak hanya biaya kuliah, komponen biaya hidup juga sama pentingnya untuk dipertimbangkan bagi calon mahasiswa yang akan melanjutkan kuliah di luar kota, luar negeri ataupun lokasi yang jauh dari rumah.

Baca juga: UGM Buka Jalur Prestasi D4-S1 2022, Ada Beasiswa UKT 8 Semester

Meski pandemi masih belum usai, namun kuliah tatap muka telah dilakukan bertahap. Untuk itu, calon mahasiswa perlu mempertimbangkan kisaran biaya hidup di kota di mana kampus pilihan berada.

Meski besarnya biaya hidup berbeda-beda sesuai dengan gaya hidup, berikut kisaran biaya hidup bagi mahasiswa yang merantau ke Yogyakarta dan Solo untuk kuliah.

Yogyakarta

Siapa yang tak kenal dengan kota pelajar di Indonesia ini? Biaya hidup yang sangat terjangkau membuat Yogyakarta menjadi kota idaman mahasiswa.

Kamar kos di kota ini berkisar antara Rp 300.000 hingga Rp 2 juta per bulan, tergantung fasilitasnya. Sedangkan harga sewa kontrakan berkisar Rp 7, 5 juta per tahun.

Sepiring nasi seharga Rp 10.000 pun sudah cukup mengenyangkan perut. Untuk menu sederhana, biaya makan sehari cukup berkisar Rp 30.000.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

Dengan budget yang terbatas, mahasiswa Yogyakarta dapat bertahan hidup dengan Rp 1,5 juta sebulan. Namun, biaya hidup ini bisa berbeda tergantung pilihan mahasiswa dan kondisi ekonomi saat mahasiswa berkuliah di sana.

Ingin jadi mahasiswa dari universitas negeri termurah di Indonesia? Di Yogyakarta ada Universitas Gadjah Mada, Universitas Negeri Yogyakarta, ISI Yogyakarta, dan UPN Veteran Yogyakarta.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.