Kompas.com - 30/05/2022, 09:58 WIB

KOMPAS.com - Datangnya jodoh memang selalu tidak terduga. Ada yang bertemu lewat aplikasi kencan daring, perjodohan, hingga pertemuan tak terduga.

Tak jarang pula, datangnya jodoh justru pada saat sedang belajar di bangku kuliah. Inilah yang dialami oleh sejumlah figur publik Indonesia, mereka bertemu dengan pasangan hidupnya saat tengah menempuh pendidikan di luar negeri.

Siapa saja figur publik yang bertemu jodohnya saat kuliah di luar negeri? Berikut merangkum laman Lembaga Bimbingan Beasiswa Schoters Indonesia:

Baca juga: Beasiswa S2-S3 di Malaysia 2022, Tunjangan Rp 5 Juta Per Bulan

1. Maudy Ayunda dan Jesse Choi

Pasangan yang baru saja melangsungkan pernikahan ini sama-sama menempuh studi di Graduate School of Bussiness (GSB), Stanford University, pada 2019 silam. Sebelumnya, Maudy berkuliah di University of Oxford, sedangkan Jesse menimba ilmu di Columbia University.

Dari Maudy kita belajar, perempuan yang menempuh pendidikan tinggi, nyatanya bukan jadi penghalang bertemu jodoh. Justru, jodoh yang sepadan pun turut mengikuti.

Kimbab Family.DOK GUSHCLOUD INTERNATIONAL Kimbab Family.

2. Gina Selvina dan Jay Yeon

Pernah menonton tayangan Youtube Kimbap Family? Bisa jadi kamu sudah tak asing lagi dengan sejarah keluarga multikultural ini. Mama Gina dan Appa Jay, sebutan kedua pasangan tersebut, pertama kali bertemu saat sama-sama ikut kelas bahasa Mandarin di Tianjin, Tiongkok.

Kala itu, perusahaan tempat Mama Gina bekerja banyak berinteraksi dengan orang Tiongkok, sehingga ia pun belajar bahasa Mandarin ke Negeri Tirai Bambu. Di sisi lain, Appa Jay tertarik mempelajari perekonomian Tiongkok, sehingga mendorongnya belajar bahasa Mandarin langsung di negara tersebut.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Pasangan Acha Septriasa dan Vicky KharismaTangkapan layar YouTube Acha Septriasa Pasangan Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

3. Acha Septriasa dan Vicky Kharisma

Pasangan yang sekarang menetap di Australia ini pertama kali bertemu saat berkuliah di Limkokwing University of Creative Technology Malaysia.

Lulus dari jurusan Information System Engineering, Vicky kemudian berkarier di perusahaan teknologi ternama bernama Canva. Di tahun 2020, ia juga sempat melanjutkan pendidikan di Harvard Bussiness School.

Baca juga: 10 Negara dengan Work-Life Balance Terbaik, Mahasiswa Harus Tahu

Pasangan suami-istri Gita Savitri Devi dan Paul Andre menjadi sorotan warganet usai memublikasikan pilihan mereka untuk tidak memiliki anak alias childfree.Instagram/@gitasav Pasangan suami-istri Gita Savitri Devi dan Paul Andre menjadi sorotan warganet usai memublikasikan pilihan mereka untuk tidak memiliki anak alias childfree.

4. Gita Savitri dan Paul Partohap

Gita Savitri mengambil jurusan Kimia Murni di Freie Universitaet Berlin, sedangkan Paul Partohap merupakan mahasiswa kedokteran di Universität Hamburg. Walaupun kuliah di beda kota, mereka kerap bertemu saat ada kegiatan pelajar Indonesia di Jerman.

Mereka memiliki hobi yang sama, yakni cover lagu. Setelah menikah, mereka menetap di Hamburg dan aktif membuat konten YouTube dengan berbagai tema, mulai dari berbagi opini, traveling, a day in life, hingga cover lagu bersama.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.