Kompas.com - 29/05/2022, 21:17 WIB
|

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 yang terjadi di Indonesia awal 2020 menjadikan semuanya berubah. Terlebih dalam hal pekerjaan. Banyak pekerjaan yang kemudian dilakukan dari rumah.

Atau juga banyak muncul pekerjaan baru yang berhubungan dengan dunia digital. Salah satunya content creator. Ini adalah salah satu profesi paling banyak diminati, terutama oleh milenial dan generasi Z.

Bagi para lulusan baru (fresh graduate), apakah sudah paham apa itu content creator? Bagaimana cara menjadi content creator sukses?

Baca juga: Ini Cara Membuat Surat Lamaran Kerja di Bank yang Benar

Melansir laman KitaLulus, Rabu (16/3/2022), content creator adalah orang yang bertanggung jawab atas setiap informasi yang ada di media digital.

Atau, ada pula yang mengartikan content creator adalah orang yang membuat materi atau konten dengan nilai edukasi dan hiburan yang disesuaikan dengan keinginan dari audiens yang ditargetkan.

Adapun topik-topik yang dibahas beragam. Mulai dari fashion, kecantikan, kuliner, vlog, dan topik lainnya. Dunia digital tidak lepas dari apa itu content creator. Terlebih saat ini akses informasi semakin terbuka luas.

Cara menjadi content creator

1. Ketahui target audiens

Cara menjadi content creator adalah mengetahui siapa target audiens. Seorang content creator membutuhkan penonton atau audiens untuk mendukung konten mereka.

Di dunia pemasaran konten, audiens adalah segalanya. Oleh karena itu, jika kamu ingin menjadi content creator yang baik, kamu harus bisa meneliti keinginan dan kebutuhan dari audiens.

Kamu bisa mulai dari mengelompokkan audiens berdasarkan usia, gender, lokasi, hingga profesi. Setelah itu, buat konten sesuai preferensi topik favorit mereka.

Baca juga: 9 Tips Memilih Baju agar Dilirik HRD, Info bagi Fresh Graduate

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.