Kompas.com - 29/05/2022, 14:00 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sudah banyak contoh akademisi dari Indonesia yang bisa menorehkan prestasi di ajang internasional.

Tidak hanya dari perguruan tinggi negeri (PTN), banyak akademisi dari perguruan tinggi swasta (PTS) yang bisa mencapai prestasi serupa.

Termasuk dosen dan mahasiswa dari Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Dosen Manajemen Fakultas Bisnis Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Cheryl Marlitta Stefia dan Nareswari Nisita, mahasiswa Prodi Manajemen Angkatan 2020 UKDW berhasil lolos seleksi dan menjadi Local Ambassador for Y20 Indonesia Youth 20 (Y20) pada G20.

Baca juga: Yuk Intip Tips Jadi Konten Kreator ala Alumnus Unair

Y20 datangkan banyak manfaat bagi anak muda

Y20 merupakan wadah konsultasi resmi bagi para pemuda dari seluruh negara anggota G20 untuk dapat saling berdialog.

Cheryl Marlitta menerangkan, Y20 mendorong para pemuda sebagai pemimpin masa depan untuk meningkatkan kesadaran terhadap permasalahan global, bertukar ide, berargumen, bernegosiasi.

Hingga mencapai konsensus dan menyampaikan rekomendasi kebijakan dalam bentuk report atau buletin, sebagai bentuk komunikasi sikap dan usulan para pemuda mengenai masa depan kehidupan manusia kepada para pemimpin negara G20.

Rekomendasi Y20 akan dituangkan dalam Communique Y20, untuk dijadikan pertimbangan perumusan Leaders Declaration, sebagai deliverable utama Presidensi G20 Indonesia.

Baca juga: Cek Lagi Syarat Dokumen dan Peraturan UTBK Gelombang 2 di Unpad

Y20 angkat isu isu transformasi digital

Dimana tahun ini, Indonesia memegang presidensi G20. Adapun yang menjadi fokus Y20 salah satunya isu transformasi digital, yang sejalan dengan agenda Presidensi G20 Indonesia.

"Saya berharap inspirasi anak muda ini akan muncul dari pertemuan Y20. Dimana Y20 diproyeksikan akan besar sekali dampaknya dan tidak terjadi dalam periode yang pendek. Karena bisa memberi manfaat ke dalam negeri sebanyak-banyaknya jika bisa mewadahi ide-ide cemerlang anak-anak muda,” ujar Cheryl seperti dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Sabtu (28/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.