Kompas.com - 29/05/2022, 13:27 WIB
|

KOMPAS.com - Mahasiswi Universitas Lampung (Unila) Balqis Safira Aini berhasil memenangkan kompetisi Swift Student Challenge pada ajang tahunan Apple, Worldwide Developers Conference (WWDC) 2022.

Balqis membuat aplikasi pianika virtual yang diberi nama Melodissimo.

"Pada event Swift Student Challenge ini, para peserta diminta membuat suatu aplikasi yang inovatif untuk platform Apple dan itu dilombakan," kata Balqis seperti dikutip dari laman Unila, Minggu (29/5/2022).

Mahasiswa Teknik Informatika ini mengaku, sebelum membuat aplikasi, dia mencari informasi tentang kompetisi tersebut melalui YouTube dan cerita dari alumni Apple Academy yang memenangkan WWDC tahun 2021.

Baca juga: Intip 6 Beasiswa Luar Negeri Tanpa Syarat TOEFL atau IELTS

Bikin aplikasi terinspirasi masa kecil

Dari berbagai informasi yang diperoleh, dia menyimpulkan bahwa yang dicari Apple dalam Swift Student Challenge adalah sebuah cerita, telling the story through code.

Balqis terinspirasi membuat aplikasi Melodissimo dari kisah masa kecilnya. Menurutnya, semua pelajar Indonesia sudah belajar pianika sejak SD, sebagian besar dari mereka memiliki pianika sendiri.

Namun, ketika itu kedua orang tua Balqis tidak mampu membelikan pianika untuknya sehingga setiap jam pelajaran pianika, Balqis terpaksa meminjam dari temannya.

"Dulu waktu sekolah, aku tidak punya pianika, karena menurut ayah dan ibuku tidak prioritas untuk dibeli. Jadi tiap ada pelajaran pianika sering pinjam, sampai sekarang pas udah gede, udah bisa beli pianika sendiri. Nah, aku pengen mengulang kembali memori itu," tutur Balqis.

Baca juga: 3 Mahasiswa Unej Lolos IISMA 2022, Rasakan Kuliah ke Eropa

Aplikasi dilengkapi dengan 2 fitur

Menurutnya, yang menarik, para siswa Indonesia biasa menambahkan label not angka pada tuts-tuts pianikanya karena bagi pemula main pianika, tanpa label not angka, mereka tidak hafal nadanya.

"Hal ini membuat aku terinspirasi membuat Fitur Play and Learn seperti main pianika biasa, dan Fitur Quiz yaitu disuruh nebak misalnya nada Do itu di tombol yang mana," urai mahasiswa Unila yang magang di Apple Developer Academy sepanjang tahun 2022 ini.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.