Kompas.com - 29/05/2022, 13:09 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Saat memiliki anak kecil, orangtua perlu memantau perkembangannya. Hal ini bertujuan apabila anak memiliki keterlambatan perkembangan bisa langsung diketahui dan segera mendapat penanganan.

Salah satu perkembangan yang perlu dipantau adalah motorik anak. Motorik anak sangat menunjang pertumbuhan anak di masa depan.

Perkembangan motorik anak ini diperlukan beberapa identifikasi awal untuk melihat apakah ada keterlambatan perkembangan dan kesulitan dalam belajar.

Agar motorik anak terus diasah, orangtua bisa memberikan stimulasi dengan mainan tertentu.

Baca juga: Yuk Intip Tips Jadi Konten Kreator ala Alumnus Unair

Jenis mainan yang bisa melatih sensor motorik anak

Penggunaan mainan dalam membangun ukuran tersebut harus menggunakan obyek konvensional. Seperti kubus atau kerincingan sebagai jenis permainan individu untuk menstimulai otak dalam berpikir dan meningkatkan kepercayaan diri.

Dilansir dari akun Instagram Paudpedia Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibud Ristek), Minggu (29/5/2022), ada beberapa jenis permainan yang bisa melatih motorik anak.

Mari simak bersama informasi berikut ini sebagai tambahan wawasan bagi orangtua dalam memberikan stimulus bagi anaknya.

Permainan yang dapat mengasah kepekaan sosial, seperti engklek, congklak dan petak umpet sebagai jenis permainan berkelompok.

Selain membantu mengembangkan logika dan fisik anak seperti berhitung dan dapat juga mengembangkan kemampuan fisik dan bersosialisasi anak.

Selain itu beberapa faktor eksternal yang mendorong perkembangan anak dalam bermain, seperti kesehatan dan lingkungan sosial.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.