Kompas.com - 29/05/2022, 12:08 WIB

KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam Bidang Ilmu Pendidikan Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Janah Sojanah mengatakan, pandemi Covid-19 tidak hanya memberikan dampak negatif terhadap perusahaan.

Menurutnya, pandemi Covid-19 juga memberikan pelajaran positif, khususnya bagi manajemen sumber daya manusia (MSDM). Oleh karenanya, manajemen harus aktif dalam memperkirakan arus kas.

“MSDM juga harus melakukan redesign kerja, optimalisasi, dan efisiensi. Ketiga, analisis tingkat dampak keparahan,” ujar Janah dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Pernyataan tersebut diungkapkan Janah saat menyampaikan pidato tentang “Kinerja SDM di Masa Pandemi Covid-19 Menuju Era New Normal” dalam acara pengukuhan guru besar secara resmi oleh Rektor UPI di Kampus UPI, Kamis (19/5/2022).

Baca juga: Dari Tantangan hingga Solusi, Begini Cara Adaptasi Industri Manufaktur di Era New Normal

Keempat, lanjut Janah, MSDM melakukan peninjauan database karyawan kunci dan rencana suksesi, restrukturisasi, layoff, dan bentuk efisiensi lain.

“Kelima, menghindari pengambilan keputusan secara tergesa-gesa dan tidak optimal,” imbuhnya.

Keenam, sebut Janah, MSDM dapat beradaptasi pada perubahan budaya dalam organisasi, serta perubahan cara kerja akan membangun perubahan budaya dalam organisasi.

Ketujuh, kata dia, MSDM memiliki kemampuan dan keterampilan dalam mengelola manusia dan strategi bisnis bagi departemen atau manajer MSDM. Hal ini seperti berkaitan dengan peristiwa Covid-19.

Kedelapan, information asymmetry, yaitu peran strategis MSDM pada tata kelola informasi bagi organisasi.

“Sembilan, separate signal atau noise. Di tengah kondisi yang serba tidak menentu MSDM diharapkan mampu fokus hanya pada hal hal yang relevan bagi organisasi,” imbuh Janah.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.