Kompas.com - 29/05/2022, 09:15 WIB

KOMPAS.com - Guru Besar Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) dalam Bidang Ilmu Pendidikan Manajemen pada Fakultas Pendidikan Ekonomi dan Bisnis (FPEB) Nani Sutarni memaparkan tiga komponen pengetahuan yang harus dimiliki dosen dalam melaksanakan pendidikan manajemen.

“Pertama, content knowledge (CK) merupakan pengetahuan dosen terkait dengan bidang studinya,” ucapnya dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Jumat (27/5/2022).

Untuk pendidikan manajemen, lanjut Nani, setidaknya beberapa disiplin ilmu manajemen perlu dikuasai.

Adapun disiplin ilmu manajemen yang harus dikuasai, antara lain manajemen sumber daya manusia (SDM), manajemen operasi, manajemen pemasaran, manajemen perkantoran, manajemen strategis, manajemen mutu, manajemen perubahan, serta sistem informasi dan komunikasi.

 Baca juga: 6 Industri Siap Dukung Pendidikan Vokasi untuk Lahirkan SDM Unggul

Pernyataan tersebut Nani sampaikan saat menyampaikan pidato tentang “Arah Pendidikan Manajemen Abad 21” dalam acara pengukuhannya secara resmi oleh Rektor UPI di Kampus UPI pada Kamis, (19/5/2022).

Komponen kedua, kata dia, yaitu pedagogical knowledge (PK) atau pengetahuan tentang teori dan praktik belajar mengajar. Pengetahuan ini mencakup pemahaman peserta didik, tujuan, strategi dan metode pembelajaran, serta penilaian.

“Dengan komponen PK, dosen diharapkan dapat memahami secara mendalam tentang bagaimana mahasiswa memahami dan mengkonstruksi pengetahuan, sikap, dan keterampilan,” ucap Nani.

Ketiga, lanjut dia, technological knowledge (TK) adalah dasar-dasar teknologi yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung proses pembelajaran.

 Baca juga: Dukung Kampus Merdeka, UT Optimalkan Rekognisi Pembelajaran Lampau

Dasar teknologi tersebut di antaranya pemanfaatan software, program animasi, internet akses, laboratorium virtual.

Untuk itu, imbuh Nani, dosen harus memahami, menguasai pemrosesan informasi, serta teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.