Siswa Senang Belajar, Intip Metode Belajar Guru Asal Salatiga dan Yogyakarta

Kompas.com - 28/05/2022, 16:42 WIB

KOMPAS.com - Munajat adalah seorang Dosen di IAIN Salatiga dan Pengajar di Pesantren Panti Asuhan Darul Hadlanah dan Salafiyah Salatiga, Jawa Tengah.

Pada 2019, ia pertama kali mengenal dan mengajarkan Computational Thinking (CT) kepada santri atau muridnya di Pesantren Darul Hadlanah dari kelas 1 SD sampai dengan 12 SMA.

Selain itu, Munajat juga mengajar delapan anak jalanan yang belum pernah mengenyam pendidikan formal sebelumnya, dari rentan usia 8-14 tahun.

Mengajar murid yang belum pernah sekolah formal sebelumnya tentu menjadi tantangan yang tidak mudah bagi Munajat, para murid ini tampak lebih mudah lelah dan hilang fokus di banding murid pada umumnya.

Ia pun menerapkan kegiatan computational thinking dengan memberikan 1-2 pertanyaan dengan metode gambar dan kegiatan sebagai pemanasan sebelum dan setelah kelas sebenarnya.

Hasilnya, para murid ini menjadi lebih semangat dan fokus belajar.

Baca juga: Orangtua, Ini Dampak Bila Sering Memarahi Anak Saat Belajar

Florentina Sita Puspitasari, pengajar di Olifant School, Yogyakarta juga menjadi salah satu guru yang menerapkan metode computational thinking.

Sita pun telah mencoba menerapkan metode CT di kelas yang dia ajar, dan menemukan betapa metode ini membantu para murid untuk berpikir lebih kritis dan lebih tertarik untuk belajar.

Keterampilan berpikir kritis dan kreatif yang didapatkan dengan mengikuti pelatihan CT membantu Sita untuk merancang pembelajaran yang menarik bagi muridnya, sehingga murid tetap semangat dan terlibat aktif dalam pembelajaran walaupun dilakukan secara online.

Salah satunya, Sita berhasil merancang program kegiatan CT yang di integrasikan dengan program khusus sekolah tempatnya mengajar yang bernama Umbrella Activity.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.