Kompas.com - 28/05/2022, 12:00 WIB

KOMPAS.com - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) sempat menyebut bahwa dalam dunia kerja, kemampuan menggunakan rumus Excel dibutuhkan untuk mempercepat proses pengolahan data perusahaan.

Itulah mengapa, Microsoft Excel kini sudah menjadi salah satu syarat standar bekerja di berbagai perusahaan, terutama bagi kamu yang ingin berprofesi sebagai praktisi data di industri.

Terlebih di era digitalisasi, excel menjadi "skill" wajib yang dikuasai baik untuk calon praktisi data maupun kandidat yang bekerja dekat dengan data numerik.

Guna membantu kandidat atau pemula yang ingin belajar excel, DQLab memberikan pengalaman belajar Excel yang dikemas dalam acara DQGratis Webinar Excel.

Baca juga: 9 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja, Mahasiswa Wajib Tahu

Tantut Wahyu, Data Analyst Rupa-rupa yang hadir sebagai pembicara menjelaskan bahwa Microsoft menciptakan excel dengan tujuan untuk (excel)arate artinya unggul dan accelerate artinya cepat.

Sehingga, lanjut dia, kehadiran excel dalam penggunaannya dapat unggul dan cepat terutama ketika kita memecahkan masalah aritmatika sosial.

“Meskipun kita bisa memecahkan masalah angka data menggunakan kalkulator, namun biasanya sering terjadi beberapa angka yang miss. Maka penggunaan excel sangat membantu karena sudah terdapat fungsi-fungsi seperti SUM, SUMIF, SUMIFS, dan fungsi lainnya,” ujar Tantut dalam webinar yang diadakan pekan lalu.

Menurutnya, Excel juga menjadi tools yang fleksibel karena dapat digunakan pada data yang sederhana hingga menemukan jumlah angka data yang banyak sekalipun.

Bahkan, excel memiliki hidden hacks yang berguna terutama bagi kita yang berada di dunia data atau terlepas dari bidang data seperti administrasi.

Baca juga: Google Buka 3.000 Beasiswa IT bagi Lulusan D3-S1 Semua Jurusan

Terdapat beberapa hidden hacks di excel yang dapat digunakan yaitu:

Halaman:


Video Pilihan

Sumber DQLab
 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.