Kompas.com - 28/05/2022, 11:14 WIB
|

KOMPAS.com - Siapa bilang sekolah di SMK tak keren? Padahal, kini banyak lulusan SMK punya prestasi membanggakan hingga dikenal di manca negara.

Apalagi saat ini dunia digital berkembang pesat. Transformasi digital yang berkembang saat ini telah melahirkan beragam profesi baru. Adapun tren kompetensi pendukung yang berkembang di antaranya adalah bidang animasi.

Alhasil, menjadi seorang animator kini menjadi salah satu impian profesi dari generasi milenial hingga generasi Z untuk mengasah kreativitas serta menuangkannya dalam bentuk karya animasi.

Baca juga: Ini 4 Keuntungan Siswa SMK Ikut D2 Fast Track

Bagi yang ingin sekolah di SLTA dan ternyata punya keinginan untuk menjadi animator, maka bisa sekolah di SMK.

Sekarang, banyak pendidikan vokasi yang menyediakan jurusan animasi, mulai dari jenjang sekolah menengah kejuruan (SMK) hingga perguruan tinggi.

Melansir laman Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Jumat (27/5/2022), berikut 5 SMK yang memiliki jurusan animasi:

1. SMK Raden Umar Said (RUS) Kudus

SMK yang berada di Jalan Sukun Raya Nomor 09, Desa Besito, Kecamatan Gebog, Kudus, Jawa Tengah ini dilengkapi dengan fasilitas yang menunjang siswa.

Tentu untuk memiliki kompetensi bidang animasi yang mampu bersaing global, mulai dari ruang tempat produksi film, bioskop mini, hingga studio musik.

Beberapa karyanya, bahkan mampu memperoleh penghargaan internasional, semisal Unstring Your Heart, Googoo Galaxy, dan Sabda Alam.

Baca juga: 5 SMK Jurusan Tari di Indonesia, Salah Satu Alumnusnya Main Film “KKN di Desa Penari”

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.