Kompas.com - 27/05/2022, 06:07 WIB
|

KOMPAS.com - Bagi siswa yang sedang belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), apakah sudah paham apa itu atmosfer? Apa fungsi atmosfer dan apa manfaat atmosfer?

Melansir laman Sumber Belajar Kemendikbud Ristek, ini penjelasannya. Atmosfer itu berasal dari bahasa Yunani yakni 'Atmos' yang berarti 'uap air atau gas' serta 'Sphaira' yang berartikan 'selimut'.

Jadi Atmosfer adalah sebagai lapisan gas yang menyelimuti suatu planet, termasuk juga bumi. Dari permukaan planet itu sampai jauh di luar angkasa dengan ketebalan ialah kurang lebih 1.000 km dari permukaan bumi serta juga bermassa 59 x 1.014 ton.

Baca juga: Siswa SD, Ini Lho Penjelasan Perginya Air Hujan yang Turun ke Bumi

Di Bumi, atmosfer tersebut terdapat dari ketinggian 0 km dari permukaan tanah, sampai dengan sekitar 560 km dari atas permukaan pada bumi.

Apakah atmosfer hanya ada di Bumi? Tentu saja tidak. Beberapa planet lainnya juga dilapisi oleh atmosfer, tetapi kandungannya berbeda-beda.

Fungsi Atmosfer

Atmosfer berfungsi mengatur proses penerimaan panas sinar matahari. Atmosfer juga melakukannya dengan menyerap dan memantulkan panas yang dipancarkan oleh matahari.

Sekitar 34 persen panas matahari kembali di pantulkan ke angkasa oleh atmosfer, awan, dan juga permukaan bumi. Kemudian sekitar 19 persen diserap oleh atmosfer dan awan, selanjutnya sekitar 47 persen sisanya mencapai permukaan bumi.

Beberapa fungsi atmosfer antara lain:

1. Pelindung bumi, agar suhu bumi tetap stabil dan menjaga agar cuaca dan kelembaban udara di dalam bumi juga tetap stabil.

Baca juga: Siswa, Ini 4 Golongan Sosial di Kerajaan Mataram Kuno

2. Fungsi atmosfer sebagai penyeimbang keadaan di dalam dan di luar bumi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.