Kompas.com - 26/05/2022, 18:03 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Indonesia dikenal sebagai negara dengan pemandangan alam yang sangat memukau.

Pemandangan yang disuguhkan didukung, karena Indonesia memiliki ribuan pulau dari Sabang hingga Merauke.

Salah satu pulau terbesar di Indonesia adalah pulau Sumatera. Menariknya, gugusan pulau besar ini memiliki garis yang masuk dalam ring of fire, yang artinya memiliki jajaran gunung aktif.

Perlu diketahui, Sumatera merupakan pulau keenam terbesar di dunia yang terletak di Indonesia, dengan luas 473.481 km persegi.

Baca juga: Malnutrisi pada Lansia, Ini Gejalanya Menurut Pakar Undip

Daftar nama gunung di Pulau Sumatera

Pada sensus 2018, penduduk pulau ini sekitar 57.940.351. Pulau ini dikenal pula dengan nama lain, yaitu Pulau Percha, Andalas atau Suwarnadwipa.

Dilansir dari laman Kelas Pintar, Kamis (26/5/2022), Pulau Sumatera terletak di bagian barat gugusan kepulauan Nusantara. Di sebelah utara berbatasan dengan Teluk Benggala, di timur dengan Selat Malaka, di sebelah selatan dengan Selat Sunda dan di sebelah barat dengan Samudera Hindia.

Kondisi geografis pulau Sumatera juga banyak terdapat rawa yang dialiri sungai-sungai besar yang bermuara disana, antara lain Asahan (Sumatera Utara), Sungai Siak (Riau), Kampar, Inderagiri (Sumatera Barat, Riau), Batang Hari (Sumatera Barat, Jambi), Musi, Ogan, Lematang, Komering (Sumatera Selatan), Way Sekampung, Way Tulangbawang, Way Seputih, dan Way Mesuji (Lampung).

Di bagian barat pulau, terbentang pegunungan Bukit Barisan yang membujur dari barat laut ke arah tenggara dengan panjang lebih kurang 1500 km. Sepanjang bukit barisan tersebut terdapat puluhan gunung, baik yang tidak aktif maupun gunung berapi yang masih aktif.

Baca juga: Ini Dampak Anak Menonton Film Horor Menurut Dosen UM Surabaya

Pada umumnya, gunung-gunung di Pulau Sumatera memiliki ketinggian beragam di atas 2.500 meter diatas permukaan laut (mdpl).

Berikut adalah nama gunung di Pulau Sumatera:

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.