Kompas.com - 26/05/2022, 13:30 WIB

KOMPAS.com - Salah satu program Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi untuk mempercepat terciptanya tenaga kerja yang ahli dan terampil adalah program Diploma Dua (D2) Jalur Cepat (fast track).

Melalui jalur ini, siswa lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang telah lulus seleksi program D2 Jalur Cepat, akan mulai menjalani pendidikan D2 di perguruan tinggi vokasi, baik itu negeri maupun swasta.

Dilansir dari laman Vokasi Kemdikbud, dalam program ini mahasiswa dapat menempuh pendidikan di perguruan tinggi vokasi dalam waktu tiga semester atau 1,5 tahun dengan total beban kredit minimum sebesar 72 SKS.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Calon mahasiswa dapat menyetarakan sertifikasi kompetensi/keahlian yang dimiliki sejak duduk di bangku SMK sebagai kredit perkuliahan melalui mekanisme Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL).

Selanjutnya, perkuliahan dilanjutkan di perguruan tinggi vokasi yang ditempuh selama satu semester dan program magang di dunia kerja atau industri selama 2 semester.

Salah satu SMK yang sudah menjalankan program ini adalah SMK PGRI 1 Mejayan, Madiun, Jawa Timur.

Bersama dengan Politeknik Negeri Madiun dan PT INKA, SMK PGRI 1 Mejayan yang membuka program D2 Jalur Cepat untuk program studi pengolahan logam.

Saat ini ada 24 siswa dari SMK PGRI 1 Mejayan yang telah menjadi mahasiswa program D2 Jalur Cepat dan sudah memasuki semester tiga.

Sebagai sekolah yang memiliki program D2 Jalur Cepat, Kepala SMK PGRI 1 Mejayan, Sampun Hadam Sampun menilai, ada banyak keuntungan yang bisa dirasakan oleh para siswa SMK yang mengikuti program ini. Berikut rinciannya:

Baca juga: Cerita Lulusan SMK Buka Bisnis Kuliner Beromzet Rp 150 Juta Per Bulan

4 Keuntungan ikut D2 jalur cepat

1. Meningkatkan rasa percaya diri

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.