Kompas.com - 25/05/2022, 12:06 WIB

KOMPAS.com - Program studi psikologi Universitas Bunda Mulia menggelar kuliah umum The UBM Studium Generale Series 006 bertajuk “Mental Health at Work” secara daring pada Jumat, 20 Mei 2022.

Kuliah umum UBM kali ini menghadirkan Prof. Adrian Furnham yang adalah psikolog, profesor, dan penulis buku dari Norwegian Business School. Prof. Furnham pernah mendapatkan predikat “20 Most Influential People in HR” dari HR Magazine.

Lebih dari 200 peserta hadir untuk mendapatkan pemahaman tentang konsep sehat mental dan mengimplementasikan kesehatan mental di dalam lingkungan kerja.

“Bagi banyak orang tempat kerja menjadi pemicu stress terbesar, namun saat ini kita sudah mulai memperhatikan pentingnya kesehatan mental (di tempat kerja)," ungkap Prof. Adrian Furnham.

Prof. Adrian menyampaikan, studi menunjukkan satu dari lima karyawan mengalami stres di tempat kerja. Lika-liku dunia kerja seperti tuntutan pekerjaan, konflik dengan rekan sejawat, dan lingkungan yang tidak kondusif kerap menjadi pemantik stres.

"Hal ini semakin berat terasa ketika sepertiga waktu dalam sehari dihabiskan karyawan di tempat kerja," ujar Prof. Adrian.

Sisi lain, stigma negatif kesehatan mental seringkali membuat karyawan memilih untuk diam dan tidak mengkomunikasikan dengan rekan kerja ataupun atasan.

"Masih banyak anggapan bahwa kesehatan mental bukanlah permasalahan yang signifikan jika dibandingkan dengan kesehatan fisik yang terlihat secara kasat mata," ujarnya.

"Padahal, persoalan ini akan berujung pada produktivitas kerja karyawan yang berpengaruh pada kinerja perusahaan," lanjut Prof. Adrian.

Baca juga: Beri Kuliah Umum di Unpad, Erick Tohir Singgung Covid-19 Sudah Jadi Endemi

Patricia Robin, Koordinator Humas The UBM Studium Generale melalui rilis resmi menjelaskan, selain melalui stadium generale program studi psikologi UBM juga terlibat aktif dalam Konsorsium Psikologi Ilmiah Nusantara yang aktif dalam penyelenggaraan seminar bersama, penulisan buku, dan penerbitan berbagai jurnal.

Prodi ini memiliki dua peminatan yaitu Psikologi Klinis serta Psikologi Industri dan Organisasi. 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.