Kompas.com - 25/05/2022, 07:08 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebagai mahasiswa didorong untuk berinovasi menciptakan gagasan atau teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat.

Teknologi yang diciptakan pun bisa di semua sektor. Seperti yang dilakukan para mahasiswa Universitas Negeri Semarang (Unnes) yang menggagas inovasi kapal ikan.

Mahasiswa Unnes yang tergabung dalam tim Creativity and Research Club (CRC) Teknik Mesin Fakultas Teknik ini berhasil meraih juara 1 dalam kejuaraan Inovasi Desain Kapal Ikan yang diselenggarakan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Acara yang dikemas dalam Marine Innovation Festival Indonesia (MARINESIA 2022) ini mengantarkan para mahasiswa Unnes yang tergabung dalam Senopati team menorehkan prestasi di tingkat nasional.

Baca juga: 7 Inspirasi Desain Kamar Kos Bikin Nyaman, Mahasiswa Yuk Coba

Mahasiswa Unnes gagas kapal dengan kelas fishing vessels

Senopati tim membawakan Kapal Senopati yang merupakan kapal dengan kelas fishing vessels yang dirancang dengan ukuran panjang 77 meter, lebar 13,5-meter dan tinggi 9 meter.

Selain itu, kapal Senopati ini dirancang memiliki kecepatan beroperasi 13 knot.

Ketua Senopati team Muhammad Yusuf Wibowo menjelaskan, inovasi Kapal Purse Seine Ramah Lingkungan Berbasis Magneto Hydro Dynamics (MHD) ini dilengkapi dengan Metode Light Fishing.

Metode Light Fishing di kapal ini menggunakan sumber Photovolic guna mewujudkan Sustainable Development Goals (SDGS) 2030.

Baca juga: Kampus Mengajar Angkatan 4 Segera Dibuka, Cek Syaratnya

Gunakan teknologi Photovoltaic 

Yusuf Wibowo mengatakan, Photovoltaic merupakan penerapan sel surya sebagai pemanfaatan energi terbarukan untuk sumber daya penerangan yang ada di kapal.

"Selain itu, kapal ini juga dilengkapi dengan LED Light Fishing merupakan penerapan lampu LED sebagai pemikat ikan dan menggantikan lampu petromaks yang masih menggunakan BBM," terang Yusuf seperti dikutip dari laman Unnes, Selasa (24/5/2022).

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.