Dr. Drs. I Ketut  Suweca, M.Si
PNS dan Dosen Ilmu Komunikasi STAH Negeri Mpu Kuturan Singaraja

Pencinta dunia literasi

Perpustakaan Sekolah, Apa yang Penting untuk Dibenahi?

Kompas.com - 23/05/2022, 08:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

SEMAKIN jauh berjalan, semakin banyak yang dilihat. Demikian kata pepatah. Dan, penulis sudah melakukan perjalanan mengunjungi sejumlah perpustakaan, baik perpustakaan desa, perpustakaan sekolah, dan perpustakaan milik masyarakat yang dikelola secara pribadi atau yayasan.

Perpustakaan sekolah

Dari perjalanan melihat, lebih tepatnya mengamati perpustakaan-perpustakaan tersebut, apa saja yang bisa penulis pelajari? Dan, apa pula yang bisa saya catat sebagai bahan masukan untuk pembenahan?

Pada kesempatan kali ini, kita tidak akan membahas semua jenis perpustakaan karena kalau semua ditulis di sini akan membutuhkan tulisan yang panjang. Bisa jadi akan membosankan pembaca.

Penulis hanya akan mengangkat hasil pengamatan terhadap keberadaan perpustakaan sekolah, khususnya perpustakaan SD dan SMP.

Pembahasan ini mudah-mudahan bisa sedikit menjawab pertanyaan, bagaimana kiat memajukan perpustakaan sekolah, khususnya SD dan SMP.

Untuk bisa menjadi perpustakaan yang maju, ada beberapa hal yang perlu mendapat perhatian dari kepala sekolah dan kepala perpustakaan dan jajarannya. Apakah itu?

Pertama, pentingnya sumber daya manusia.

Sumber daya manusia perpustakaan adalah faktor penentu maju-mundurnya perpustakaan. Dengan kata lain, kemajuan perpustakaan banyak ditentukan oleh faktor manusianya.

Siapa yang dimaksud dalam hal ini? Pertama adalah kepala sekolah setempat. Pertanyaannya, apakah kepala sekolah memiliki komitmen untuk memajukan perpustakaan sekolahnya?

Jika kepala sekolah benar-benar memahami arti penting kehadiran perpustakaan, niscaya ia akan memberi perhatian untuk memacu kemajuan perpustakaan sekolahnya dengan segala upaya dan inovasi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.