Kompas.com - 22/05/2022, 14:47 WIB
|

KOMPAS.com - Bumi ini terdiri dari beberapa daratan yang sangat luas atau biasa disebut benua.

Selain benua, ada juga daratan kecil yang disebut dengan pulau. Sebagai siswa, perlu tahu bahwa pulau terbesar di dunia adalah Greenland.

Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah pulau cukup banyak. Namun selain Indonesia, ada beberapa negara lain memiliki gugusan pulau yang lebih banyak lho.

Melansir dari laman Kelas Pintar, Minggu (22/5/2022), menjelaskan 7 negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia. Mau tahu negara mana saja? Simak bersama ulasan berikut ini.

Baca juga: Intip 5 Jurusan Kuliah Paling Santai

Negara dengan pulau terbanyak di dunia

1. Swedia

Tahukah kamu bahwa jumlah pulau yang dimiliki Swedia mencapai 221.831 pulau. Swedia menduduki posisi pertama negara dengan jumlah pulau terbanyak di dunia.

Kepulauan Stockholm hampir memiliki 20.000 pulau, baik itu pulau kecil dan bebatuan yang terletak antara Öregrund di utara dan Landsort di selatan.

Dari jumlah tersebut, hanya sekitar 24.000 pulau yang terbuka untuk umum atas kebijakan Hak Akses Publik Swedia. 

Baca juga: PPDB SMP Kota Yogyakarta 2022: Catat Jadwal dan Kuota Tiap Jalur

2. Norwegia

Norwegia terkenal sebagai negara dengan jumlah pulau yang mencapai ratusan ribu. Total pulau yang dimiliki Norwegia sebanyak 239.057 pulau. Salah satu pulau yang paling terkenal adalah Kepulauan Lofoten yang bertebaran di Laut Norwegia, di atas Lingkaran Arktik.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.