Kompas.com - 20/05/2022, 09:03 WIB
|

KOMPAS.com - Sarapan sangat penting bagi pertumbuhan anak. Apalagi siswa atau pelajar yang bersekolah harus sarapan terlebih dahulu.

Tak hanya itu saja, sarapan juga penting bagi para peserta yang ikut Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2022. Hal itu diungkapkan Ahli Gizi Universitas Padjadjaran (Unpad) dr. Siska Wiramihardja, Sp.GK., M.Kes.,

Menurutnya, sarapan sebelum melaksanakan ujian bukan sekadar membuat kenyang, tetapi memiliki manfaat besar bagi tubuh.

Baca juga: Ikut UTBK 2022 di UGM, Ini yang Wajib Disiapkan

Manfaat sarapan

Ada dua peran utama sarapan bagi tubuh. Apa saja itu? Berikut ini penjelasannya:

1. Pertama sebagai sumber energi bagi otak. Makan pagi menyediakan zat gizi utama yang dibutuhkan otak setelah habis berpuasa melalui istirahat di malam hari.

"Sarapan dapat meningkatkan fungsi kognitif otak, lebih konsentrasi dan fokus yang memungkinkan performa ujian menjadi lebih optimal," ujar Siska dikutip dari laman Unpad, Kamis (19/5/2022).

2. Peran kedua adalah melindungi tubuh dari penyakit. Siska menjelaskan, di masa transisi pandemi menuju endemi, peserta ujian membutuhkan imunitas tubuh yang optimal saat melakukan ujian luring.

Salah satu upaya meningkatkan imunitas tubuh adalah menerapkan pola gizi seimbang sesuai rekomendasi WHO.

Kemenkes RI sendiri memasukan sarapan sebagai salah satu dari sepuluh pesan gizi seimbang. Ini didasarkan, makan pagi menyediakan sekitar 20 persen dari kebutuhan nutrisi harian, sehingga asupan energi, vitamin, dan mineral dapat lebih terpenuhi.

Hal ini memungkinkan tubuh untuk dapat melakukan fungsinya secara optimal, termasuk di antaranya meningkatkan imunitas tubuh.

Baca juga: Ini Aturan UTBK 2022, Saat Tiba hingga Selesai Ujian

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.