Kompas.com - 18/05/2022, 17:17 WIB

KOMPAS.com - Rifdah Farnidah, dosen Fakultas Ushuluddin dan Dakwah (FUD) Institut Ilmu Alquran (IIQ) Jakarta meraih juara 1 Musabaqah Hifzh al-Quran (MHQ) kategori 30 juz pada kompetisi tingkat dunia 107's Family Quranic Competition di Nigeria.

Rifdah berhasil mengalahkan 87 peserta dari berbagai negara, antara lain Ghana, Liberia, USA, India, Arab Saudi, dan Turki pada ajang yang berlangsung pada 8 - 26 April 2022.

"Alhamdulillah saya bersyukur masih diberikan kesempatan mengikuti musabaqah di tingkat internasional dan bisa memberikan hasil yang terbaik untuk Indonesia," tuturnya di Jakarta, Selasa (17/5/2022), seperti dilansir dari laman Kementerian Agama.

Rifdah mengatakan, capaian ini bisa didapatnya buka karena usaha dirinya semata, namun juga dari doa dan bantuan para guru.

Baca juga: Kisah Fawwaz, Siswa Madrasah yang Lolos di 5 Kampus Terbaik Dunia

"Tentunya apa yang saya raih saat ini tidak lepas dari do'a dan bimbingan dari guru-guru saya di pondok pesantren al-Hikamussalafiyyah Sumedang dan Institut Ilmu Al-Qur'an Jakarta," imbuh dia.

Direktur Jenderal Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani, memberikan apresiasi dan rasa bangga yang mendalam.

"Ditjen Pendidikan Islam tentu turut bangga dan berterima kasih atas capaian ini. Musabaqah Hifzh Al_Qur’an 30 juz tingkat dunia diraih oleh Indonesia melalui perguruan tinggi di bawah binaan Kementerian Agama. Meski secara teritori, Indonesia jauh dari pusat kelahiran Islam di Timur Tengah, tetapi secara faktual Indonesia mampu menjadi peraih yang terbaik di ajang internasional. Indonesia tentu sangat bangga," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis), Amin Suyitno, memberikan apresiasi dan menyatakan bahwa ini menjadi bukti bahwa perguruan tinggi keagamaan Islam terus berkontribusi substantif di tingkat dunia, terlebih di bidang Studi Al-Qur’an.

Baca juga: Kemendikbud Luncurkan Beasiswa Indonesia Maju, Kuliah Gratis S1-S2

"Terlebih, IIQ merupakan gudangnya para penghafal dan penafsir Al-Qur’an yang menjunjung tinggi nilai-nilai keindonesiaan. Dari rahim IIQ, telah banyak qari dan qariah kian mengharumkan nama baik bangsa ini," ungkap Direktur Diktis yang juga guru besar UIN Raden Fatah Palembang.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ushuluddin IIQ, Muh. Ulinnuha juga bersyukur dan menyampaikan apresiasi atas capaian Rifdah.
"IIQ tetap konsisten mempersembahkan yang terbaik untuk bangsa dan negara," tegasnya.

Dia berharap, ke depan akan terus lahir dari rahim IIQ Jakarta, duta-duta Al-Qur’an yang menjuarai dan mengharumkan Indonesia di kancah Internasional.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.