Kompas.com - 17/05/2022, 14:35 WIB

KOMPAS.com - Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) Gelombang I digelar mulai Selasa, 17 Mei hingga 23 Mei 2022.

Meski jadwal telah diumumkan, bagi peserta UTBK ada hal lain selain mengecek jadwal UTBK. Salah satunya memperhatikan peraturan selepas mengerjakan soal UTBK bagi para peserta.

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menghimbau beberapa hal yang harus dilakukan setelah tes.

"Setelah tes selesai, calon mahasiswa wajib menunggu hingga dipersilakan keluar oleh pengawas ujian," dikutip dari Instagram @ltmptofficial.

Baca juga: Cerita Siswi SMK Ranking Ke-33 di Kelas yang Lolos Masuk UI

Jika sudah selesai mengerjakan soal, namun masih ada waktu tersisa, peserta tidak diperbolehkan langsung keluar ruangan. Sambil menunggu, sebaiknya gunakan waktu itu untuk memeriksa jawaban kembali.

Manakala ada jawaban yang kurang yakin, peserta bisa segera memperbaikinya. Dengan begitu, peserta berkesempatan memperoleh poin UTBK lebih besar.

Ketika sudah diperkenankan keluar ruangan, peserta harus menjaga jarak dengan peserta lain. Selain itu, juga diwajibkan mengenakan masker.

Sesampainya di rumah, segera bersihkan diri. Hal ini merupakan bagian dari protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 dibedakan dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua akan digelar mulai 28 Mei-3 Juni 2022.

Selama ujian berlangsung, peserta diharuskan membawa sejumlah dokumen. Di antaranya kartu peserta UTBK-SBMPTN, identitas diri berupa KTP/SIM/Kartu Pelajar, serta surat keterangan lulus.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.