Kompas.com - 17/05/2022, 12:53 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Sebanyak 11.312 peserta mengikuti UTBK-SBMPTN 2022 di Pusat UTBK Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Jatinangor, mulai Selasa (17/5/2022).

Pelaksanaan UTBK-SBMPTN 2022 di Unpad digelar dalam dua gelombang. Gelombang pertama digelar pada 17-23 Mei 2022, sedangkan gelombang kedua digelar pada 28-31 Mei 2022.

Baca juga: Kisah Zahra, Mahasiswa ITB Peraih IP 3,81 dengan Segudang Kesibukan

Koordinator Pelaksana UTBK-SBMPTN Unpad, Inu Isnaeni Sidiq mengatakan, dalam satu hari, pelaksanaan UTBK-SBMPTN dibagi ke dalam dua sesi.

Sesi pertama digelar pada pukul 6.45 – 11.00 WIB, sedangkan sesi kedua digelar pada pukul 13.00 – 16.30 WIB.

Untuk mengantisipasi penularan penyakit, baik Covid-19 maupun infeksi lainnya, Unpad menetapkan protokol kesehatan yang ketat untuk para peserta. Setiap peserta dipastikan sehat dan aman untuk masuk ke dalam ruangan ujian.

"Sebelum masuk ruangan, peserta dibariskan dan diatur jaraknya sesuai protokol kesehatan. Peserta kemudian dicek suhu dan dicek menggunakan metal detektor untuk memastikan mereka tidak membawa alat yang bisa digunakan untuk berbuat curang," ucap dia melansir laman Unpad.

Peserta juga, kata dia, diwajibkan menginstal aplikasi PeduliLindungi. Aplikasi tersebut digunakan untuk bisa masuk ke dalam kampus Unpad dan ruangan ujian.

Melalui aplikasi tersebut, Unpad dapat mengetahui status vaksinasi dan kondisi kesehatan setiap peserta.

Baca juga: Dosen UNS: Ini Cara Cegah Hepatitis Akut

"Nanti akan tahu apakah peserta sudah vaksinasi lengkap atau sudah antigen/belum. Jika kemudian sakit dan dinyatakan positif, nanti akan muncul warna hitam," kata dia.

Jika ditemukan ada peserta yang terindikasi positif Covid-19 ataupun sedang sakit, Unpad telah menyiapkan ruangan khusus yang bisa digunakan untuk ujian.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.