Kompas.com - 17/05/2022, 11:44 WIB

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi melalui akun Instagram resminya pada Sabtu (07/05/2022), merilis daftar profesi paling menjanjikan di masa depan.

World Economic Forum (WEF) dalam laporan bertajuk ‘The Future of Jobs Report 2020’ menyebutkan, ada sejumlah profesi yang akan menjadi pekerjaan paling bersinar dan dibutuhkan di tahun 2025.

Sementara itu, US Bureau of Labor Statistics pada April 2022 lalu mencatat, salah satu profesi bersinar, yakni data scientist masuk dalam daftar 20 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat. Bahkan, pertumbuhannya diperkirakan mencapai 22 persen hingga 10 tahun ke depan.

Baca juga: 5 Beasiswa S2-S3 Tanpa Batas Usia, Kuliah Gratis dan Biaya Hidup

Simak apa saja profesi yang potensial untuk generasi Z, melansir Ditjen Vokasi Kemendikbud Ristek dan keterangan Universitas Pertamina:

1. Data Scientist dan Data Analyst

Brynjolfsson dan McAfee, co-director dari MIT Initiative on the Digital Economy, dalam Harvard Business Review menyebutkan sepertiga perusahaan yang kini berada di puncak industri, mengaku lebih produktif dan lebih untung dibanding kompetitornya, berkat pengambilan keputusan berbasis data.

Tak heran, jika data scientist menjadi satu dari sejumlah pekerjaan dengan penghasilan yang cukup menjanjikan di masa depan.

Perusahaan marketplace lowongan pekerjaan, Glints dalam laporan bertajuk "Tren dan Gaji Pekerja Digital Indonesia 2021" juga mencatat, gaji data scientist di Indonesia berkisar antara Rp 10-20 juta rupiah perbulan.

Bahkan, LinkedIn mencatat sejak 2012 hingga saat ini, kebutuhan data scientist telah meningkat hingga 650 persen.

Baca juga: Kominfo x DQLab Gelar Kurus Gratis Data Science for Beginner, Segera Daftar

2. Digital Marketer

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.