Kompas.com - 17/05/2022, 09:46 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Kemudahan akses informasi membuat kuliah di luar negeri bisa dilakukan semua mahasiswa. Mahasiswa bisa mencari informasi mengenai beasiswa agar bisa kuliah di luar negeri.

Selain itu Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) juga memiliki program IISMA. Sehingga mahasiswa yang terpilih bisa merasakan kuliah di universitas top luar negeri.

Jika kamu memiliki cita-cita kuliah di luar negeri, selain memikirkan masalah biaya pendidikan, ada salah satu hal lain yang wajib dipertimbangkan. Yakni negara tujuan program beasiswa yang akan diikuti.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek, Senin (16/5/2022) memberikan tips memilih negara tujuan beasiswa kuliah di luar negeri.

Baca juga: Siswa, Tahukah Kamu 7 Tempat di Dunia Ini Terlarang untuk Dikunjungi?

Memilih negara tujuan program beasiswa kuliah di luar negeri

1. Disesuaikan dengan bidang ilmu

Setiap negara biasanya memiliki reputasi keilmuan masing-masing. Misalnya Jerman untuk rujukan ilmu teknologi. Sedangkan negara Prancis atau Italia jadi rujukan untuk belajar tentang fesyen desain dan sebagainya.

2. Family friendly

Pertimbangan ini terutama bagi yang sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarga selama menempuh pendidikan di luar negeri dengan beasiswa tertentu.

Misalnya apakah negara tersebut memiliki kebijakan pendidikan gratis untuk anak.

Baca juga: LTMPT: 4 Hal Ini Harus Disiapkan Sebelum Pelaksanaan UTBK 2022

3. Biaya hidup

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.