Kompas.com - 14/05/2022, 15:24 WIB
SMP dan SMA Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat (SCK-SCB) meluncurkan program Youth Summer Experience (YSE) bertajuk Warrior?s Challenge yang diadakan pada waktu liburan sekolah sekitar bulan Juni 2022. DOK. SCK-SCBSMP dan SMA Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat (SCK-SCB) meluncurkan program Youth Summer Experience (YSE) bertajuk Warrior?s Challenge yang diadakan pada waktu liburan sekolah sekitar bulan Juni 2022.

KOMPAS.com - SMP dan SMA Sekolah Citra Kasih-Sekolah Citra Berkat (SCK-SCB) meluncurkan program Youth Summer Experience (YSE) bertajuk "Warrior’s Challenge" yang diadakan pada waktu liburan sekolah sekitar bulan Juni 2022.

Melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (13/5/2022), Adrianus Yosia dari Teaching, Learning, and Curricullum (TLC) Sekolah Citra Kasih Jakarta menjelaskan, YSE merupakan kegiatan dengan tujuan agar siswa dapat mempelajari keahlian hidup dan juga karakter.

"Problem bersosialisasi dan juga pertemanan mengiringi langkah Gen Z yang bertumbuh kembang dengan teknologi digital ini," ungkap Adrianus.

Problem bersosialisasi ini menjadi perhatian SCK-SCB sebagai institusi pendidikan.

"SCK-SCB ingin menawarkan salah satu opsi, tidak hanya untuk membantu nara-didik di dalam bersosialisasi dengan sesama murid lain, namun juga dengan masyarakat yang lebih luas," tegas Adrianus.

Lebih jauh ia menyatakan, Ki Hajar Dewantara pernah menegaskan pengajaran dalam dunia pendidikan dapat diartikan sebagai memberikan ilmu atau pengetahuan dan juga kecakapan yang dapat memberikan faedah pada nara-didik secara lahir dan batin.

"Paralel dengan visi dari Ki Hajar Dewantara ini, SCK-SCB pun berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan yang mumpuni, kecakapan dalam kemampuan bersosialisasi bagi naradidiknya," ujar Adrianus.

Membangun jiwa ksatria

Tema "Warrior’s Challenge" dalam YSE 2022 yang akan digelar pada 20-24 Juni 2022 di Yogyakarta, jelas Adrianus, dipilih dengan harapan menumbuhkan karakter kesatria dalam diri peserta agar siap menghadapi belantara kehidupan yang menjadi tantangan bagi mereka.

"Sebagai seorang kesatria, peserta akan ditantang untuk menghidupi nilai-nilai yang menjadi ciri khas dari kesatria di tengah-tengah tantangan, yakni: keberanian, kejujuran, antusiasme, dan juga disiplin," tambahnya.

Baca juga: Lewat KILA 2022, Kemendikbud Ristek: Tanamkan Anak Muda Pendidikan Karakter

Harapannya, lewat tema ini, para peserta tidak hanya mempelajari kebajikan-kebajikan di atas, namun juga keahlian hidup.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.