Kompas.com - 14/05/2022, 12:50 WIB
|

KOMPAS.com - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) menyelenggarakan Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2022.

Dalam sambutannya, Mendikbud Ristek Nadiem Makarim mengatakan bahwa semangat berbudaya para seniman dan pelaku budaya saat ini kian bangkit. Hal itu tampak dari berbagai karya yang ‘lebih’ merdeka.

"Itu semua berkat kegigihan kita untuk merdeka dalam berbudaya," ujar Nadiem, dalam pidatonya di hadapan peserta upacara di Jakarta, Jumat (13/5/2022).

Baca juga: Hardiknas 2022, Ini Tanggapan Generasi Muda Terkait Merdeka Belajar

"Dampaknya, sekarang tidak ada lagi batasan ruang dan dukungan untuk berekspresi, untuk terus menggerakkan pemajuan kebudayaan," imbuh Nadiem.

Kebudayaan adalah sumber belajar

Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Kemendikbud Ristek, Hilmar Farid, berharap agar Hardiknas 2022 menjadi momen kebangkitan yang digunakan sepenuhnya oleh para seniman dan pelaku budaya.

Ia berharap, momen kebangkitan ini digunakan penuh. Hubungan kebudayaan dengan pendidikan sangat penting, karena kebudayaan adalah sumber belajar sekaligus tujuan pembelajaran.

"Hasil pendidikan nantinya adalah kebudayaan kita meningkat. Maka, untuk generasi muda teruslah kenali negerimu, kenali budayamu, supaya kecintaan terhadap budaya itu bertambah," pesannya.

Pada upacara peringatan Hardiknas 2022 juga menghadirkan jamuan tradisional khas Indonesia untuk para peserta dan undangan. Mereka dapat menikmati Jamu yakni minuman herbal yang terbuat dari rempah-rempah.

Jamu yang merupakan budaya kesehatan warisan nenek moyang umumnya dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional.

Baca juga: Sejarah Hari Pendidikan Nasional 2 Mei

Menurut Peneliti Warisan Budaya Takbenda, Gaura Mancacaritadipura yang hadir pada kesempatan ini menilai jamu dapat menjadi persembahan Indonesia bagi dunia, khususnya di masa pandemi.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.