Kompas.com - 13/05/2022, 21:48 WIB
Ilustrasi Program Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim DOK. KEMENDIKBUDIlustrasi Program Merdeka Belajar Mendikbud Nadiem Makarim
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Momentum perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) disambut antusias oleh insan pendidikan di berbagai wilayah tanah air.

Penyelenggaraan upacara bendera untuk memperingati Hardiknas yang berlangsung secara daring dan luring terbatas, juga mendapat respons positif dari para pemuda yang berpartisipasi dalam upacara Hardiknas di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek).

Baca juga: Hardiknas 2022, Mendikbud Ristek: Kita Telah Bangkit dan Tangguh

Bicara tentang makna tema peringatan Hardiknas "Pimpin Pemulihan, Bergerak untuk Merdeka Belajar", beberapa siswa dan mahasiswa mengungkapkan pendapatnya.

Siswa SMKN 2 Cibinong Jehosua Willhelmus Ebenhaezer Abolla berpendapat Hardiknas bukan hanya sekadar perayaan tahunan yang melibatkan seluruh ekosistem pendidikan, melainkan juga momentum untuk bersyukur atas kemajuan yang terjadi di dunia pendidikan dan kebudayaan.

Dia mengatakan, dengan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia saat ini, tidak ada alasan bagi generasi muda untuk bermalas-malasan dalam menuntut ilmu.

"Bisa merasakan dunia pendidikan menjadi hal yang luar biasa. Sebelumnya, sangat sulit merasakan layanan pendidikan. Saat ini, melalui Merdeka Belajar kita memiliki kemudahan mengakses pendidikan baik secara konvensional maupun dengan memanfaatkan teknologi (internet). Sekarang kita harus lebih rajin lagi belajar karena sarana pendidikan sudah banyak," ucap dia dalam keterangan resminya, Jumat (13/5/2022).

Anggota Paskibra Kota Bandung, Naufal Daffa mengakui sistem pendidikan Indonesia terus berkembang semakin baik.

Baca juga: Profesour Unair: Hewan yang Kena Wabah PMK Aman Dikonsumsi

Dia merasakan proses belajar yang lebih menyenangkan.

Merdeka Belajar yang diterapkan di SMK, kata dia, sangat berpengaruh terhadap kemajuan pendidikan.

"Semangat terus untuk para generasi muda dalam membangun pendidikan, mari kita hargai dan dukung (proses) pendidikan kita agar pendidikan kita lebih bermanfaat untuk diri sendiri dan bangsa Indonesia, wujudkan Merdeka Belajar," ucap Daffa.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.