Kompas.com - 11/05/2022, 17:29 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Global Flow of Tertiary-Level Students yang dikeluarkan Unesco Institute for Statistics 2021: menunjukkan Australia masih menjadi tujuan favorit para siswa Indonesia tempuh pendidikan tinggi mereka di luar negeri.

Dari 53.604 siswa Indonesia yang studi di luar negeri, sebanyak 13.880 memilih Australia sebagai negara tujuan studi diikuti oleh Malaysia dan Amerika di posisi ketiga.

Baca juga: Kemendikbud Ristek: PTM Terus Jalan di Tengah Ada Kasus Hepatitis Akut

Australia juga merupakan satu dari 10 negara terbaik dalam hal kualitas hidup dan melanjutkan pendidikan berdasarkan U.S. News and World Report's 2021.

Setelah menyelesaikan pendidikan di luar negeri, para lulusan akan memiliki banyak peluang karir di berbagai perusahaan multinasional baik di Indonesia ataupun di negara tempat berkuliah.

Perusahaan multinasional tentunya akan lebih tertarik terhadap kandidat yang memiliki reputasi gelar akademik, fasih berbahasa Inggris, serta tidak awam dengan pergaulan dan dunia internasional.

Popularitas Australia bukan saja karena negara yang berdekatan dengan Indonesia, tapi memang sistem pendidikan di Australia berada di jajaran terdepan dalam hal kualitas, reputasi dan profesionalitas, serta memiliki reputasi akademis yang baik di mata industri global.

Banyak universitas di Australia yang masuk dalam jajaran peringkat universitas terbaik dunia, salah satunya adalah the University of New South Wales (UNSW), Sydney yang masuk dalam peringkat 50 besar dunia.

Tidak heran banyak pelajar dari Indonesia yang menjadikan UNSW sebagai pilihan utama universitas mereka di Australia.

Untuk mendapatkan kesempatan menjadi pelajar di UNSW bukan perkara yang mudah, karena semakin baik reputasi universitas yang dituju maka persyaratan juga semakin berat.

UNSW juga merupakan bagian dari Go8 (Group of Eight Australian Universities/Kelompok 8 Universitas Australia) dan menduduki peringkat tertinggi untuk kualitas dan penelitian.

Baca juga: Sering Mendengkur? Ini Kata Dokter PLK Unair

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.