Kompas.com - 09/05/2022, 17:53 WIB

KOMPAS.com - Merayakan dies natalis ke-58, Universitas Negeri Jakarta (UNJ) menggelar berbagai kegiatan yang berlangsung sejak April 2022 hingga Juni 2022. Salah satu rangkaian kegiatan tersebut yakni Pesta Olahraga antar Perguruan Tinggi se-Indonesia.

Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini akan diselenggarakan pada 25 Mei 2022 sampai dengan 16 Juni 2022 dengan total hadiah mencapai 100 juta rupiah.

Terdapat 12 cabang olahraga (cabor) dipertandingkan pada dies natalis tahun ini, meliputi: (1) atletik, (2) renang, (3) bulutangkis, (4) tennis, (5) taekwondo, (6) pencak silat, (7) karate, (8) futsal, (9) sepaktakraw, (10) petanque, (11) bola voli, dan (12) bola basket.

Rektor UNJ Prof. Komarudin menyampaikan, sebagai universitas di ibukota negara dan memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan, sudah sepatutnya UNJ menjadi pusat keunggulan prestasi olahraga mahasiswa nasional dan sekaligus penggerak prestasi olahraga nasional dan internasional.

"Oleh karena itu kami berharap Pesta Olahraga Antar Perguruan Se-Indonesia ini menjadi ajang tahunan di UNJ dan menjadi agenda resmi nasional," ujar Prof. Komarudin.

"Ke depan agenda ini mendapat dukungan dan bisa berkolaborasi terutama dengan Kemenpora dan Kemendikbudristek, khususnya Pusat Prestasi Nasional," tambah Prof. Komarudin.

Dies natalis UNJ tahun ini mengusung tagline “Unggul, Mandiri, Bereputasi”. Tagline ini, jelas Rektor UNJ, menjadi gambaran semangat UNJ yang terus–menerus meningkatkan berbagai prestasi dan reputasi sebagai PTN terbaik Indonesia, bidang akademik dan non akademik.

Terlebih saat ini UNJ sedang mempersiapkan transformasi kelembagaan dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH).

Baca juga: Jalur Prestasi UI 2022 Siap Dibuka, Cek Dulu Persyaratannya

Ajang pembinaan atlet perguruan tinggi

Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan dan juga Ketua Panitia Dies Natalis UNJ, Johansyah Lubis,  menjelaskan, Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini merupakan program yang dibuat oleh kantor Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni.

"Pesta Olahraga Antar Perguruan Tinggi Se-Indonesia ini diharapkan dapat menjadi ajang try out mahasiswa se-Indonesia sebelum menuju Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNas) pada November 2022 nanti, khususnya bagi mahasiswa UNJ," ujar Johansyah Lubis.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.