Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Praktik Biologi Makin Mudah, Mahasiswa Unesa Hadirkan Lab Virtual

Kompas.com - 08/05/2022, 13:00 WIB
Sandra Desi Caesaria,
Ayunda Pininta Kasih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Efek pandemi membuat semua pembelajaran diubah dari luring menjadi daring.

Namun, tak semua pembelajaran bisa dengan mudah dipelajari secara daring atau online. Misalnya, praktik pembelajaran Biologi.

Sedikit susah mempraktikkan materi biologi, karena dibutuhkan beberapa alat dan koreksi oleh pengajar secara detil yang akan susah dilakukan secara online.

Untuk itu, 3 mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menggagas media pembelajaran laboratorium virtual untuk pelajaran Biologi beberapa waktu lalu.

Lab virtual alternatif ketika lab fisik tidak dapat digunakan itu dikembangkan dalam bentuk mobile apps.

Baca juga: Tanpa Hukuman, Ini Cara Sukses BPK Penabur Latih Kedisiplinan Siswa

Media pembelajaran yang diberi nama Virtolabo itu lahir dari tangan Cahyo Febri Wijaksono dari jurusan Manajemen Pendidikan, Ahmad Shihabudin dari jurusan Teknik Informatika, dan Nisfiyatul Mubarokah dari jurusan Pendidikan Luar Biasa.

Cahyo Febri Wijaksono ketua tim inovasi menyatakan bahwa aplikasi itu didedikasikan untuk membantu para guru dan siswa dalam pembelajaran atau pelajaran Biologi.

"Kami berpikir pembelajaran akan lebih menyenangkan karena pengguna Virtolabo bisa merasakan sensasi berada di laboratorium secara real (360 derajat),” ujarnya, dilansir dari Unesa.

Aplikasi lab virtual itu dilengkapi dengan beberapa fitur, di antaranya akun pengguna, halaman beranda, halaman sinopsis, peta konsep materi, bilik baca, dan V-laboratory.

“Fitur-fitur yang terdapat pada aplikasi Virtolabo tidak hanya untuk mendukung pembelajaran, tetapi dilengkapi desain tampilan dengan tema pendidikan yang sudah disesuaikan agar pengguna tidak bosan,” paparnya.

Baca juga: Pilihan 8 PTN dan PTS Jurusan Perhotelan-Pariwisata di Bali

Shihab, anggota tim menjelaskan isi pada fitur halaman beranda yakni siswa dapat mencari dan memilih materi yang ingin dipelajari meliputi struktur dan fungsi tumbuhan, sistem pencernaan manusia, sistem peredaran darah manusia.

Lalu ada sistem pernapasan manusia, sistem ekskresi manusia, sistem reproduksi manusia, serta materi reproduksi pada hewan dan tumbuhan.

Untuk memudahkan siswa dalam mengetahui apa saja yang akan dipelajari ke depannya. Peserta didik dapat membaca materi pada fitur bilik baca.

Tidak lupa pengguna diharuskan masuk dan mengakses Virtolabo pada fitur login. V-laboratory menjadi fitur terakhir yang digunakan untuk mengakses animasi mengenai objek materi secara 360 derajat menggunakan teknologi augmented reality (AR).

“Peserta didik dapat melakukan praktik bedah, menonton simulasi, serta berinteraksi dengan animasi menggunakan berbagai macam alat laboratorium melalui objek yang telah tersedia," jelasnya.

Baca juga: 10 Pekerjaan yang Bakal Naik Daun di Indonesia 5 Tahun Mendatang

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com