Program Pintar
Praktik baik dan gagasan pendidikan

Kolom berbagi praktik baik dan gagasan untuk peningkatan kualitas pendidikan. Kolom ini didukung oleh Tanoto Foundation dan dipersembahkan dari dan untuk para penggerak pendidikan, baik guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, dosen, dan pemangku kepentingan lain, dalam dunia pendidikan untuk saling menginspirasi.

Guru, Hardiknas dan Refleksi Idul Fitri

Kompas.com - 06/05/2022, 16:04 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Penulis: Titien Suprihatien, Guru SMPN 11 Batanghari, Jambi

Hari raya telah tiba, seluruh umat islam berbahagia. Begitu juga dengan para guru, hardiknas tahun ini bertepatan dengan hari kemenangan itu. Momen istimewa ini jarang terjadi sehingga sangat tepat rasanya jika para pendidik melakukan refleksi diri.

KOMPAS.com - Besarnya animo satuan pendidikan dalam menerapkan kurikulum merdeka mendapat apresiasi tinggi dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Bagaimana tidak hingga 20 April 2022 tercatat sebanyak 62.955 satuan pendidikan sudah mendaftar sebagai peserta dalam implementasi Kurikulum Merdeka.

Kurikulum Merdeka diharapkan mampu mengatasi krisis pembelajaran yang terjadi. Selain krisis akibat kesenjangan pembelajaran antar wilayah, kesenjangan antar kelompok sosial serta learning loss akibat pandemi Covid 19.

Besar harapan pemerintah agar para guru mau saling belajar dan berbagi. Bersama-sama tumbuh menjadi pembelajar sepanjang hayat hingga siswa belajar pada orang yang tepat.

Bagaimana cara mewujudkan harapan pemerintah ini?

Kita tidak bisa pungkiri bahwa sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk peningkatan kualitas pendidik.

Berbagai program pelatihan sudah diberikan kepada guru dan tenaga pendidik, tapi pertanyaannya apakah semua effort yang dilakukan pemerintah itu memberikan impact yang tinggi terhadap kualitas pendidikan selama ini?

Membangun manusia adalah investasi yang tidak berwujud nyata. Membangun manusia butuh kerja sama dan niat suci dari berbagai pihak.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.