Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Webinar Unpad Beberkan Peranan Penting Big Data

Kompas.com - 06/05/2022, 08:50 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Saat ini, kemajuan teknologi membawa dampak luar biasa di berbagai sektor. Telebih mengenai Big Data yang juga menjadi arus utama dalam setiap aktivitas masyarakat sehari-hari.

Untuk itulah di pemerintah, big data punya peranan penting dalam menentukan tindakan dan langkah ke depan bagi kebijakan publik.

Demikian disampaikan Ketua Program Studi Magister Ekonomi Terapan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Bayu Kharisma, M.M., M.E., dalam Webinar akhir April 2022 lalu.

Baca juga: Tips Memilih Produk Halal dari Peneliti Unpad

Menurutnya, big data sangat berpotensi digunakan dalam kebijakan publik. Hal ini karena pemerintah membutuhkan respons isu yang cepat dan akurat.

Peranan penting big data

Maka, dari teknologi ini sangat berpotensi mewujudkan hal itu. Semua tak lain karena kemajuan dari teknologi informasi dan komunikasi.

"Penggunaan data dan informasi dapat meningkatkan kualitas kebijakan publik yang cermat," ujarnya seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (6/5/2022).

"Dan diharapkan berbasis pada data real-time, sehingga mampu menjawab situasi terkini bagi publik," imbuhnya.

Ia menambahkan, potensi dari big data bukan imajinasi atau hanya topik diskusi ilmiah semata. Teknologi ini harus berperan dan benar-benar dimanfaatkan dalam hal pengambilan keputusan.

Narasumber lain, Dosen Kebijakan Publik dan Manajemen Monash University, Australia, Ika Karlina Idris, PhD., mengatakan, big data berperan sebagai:

1. pemindaian untuk melihat kondisi terkini oleh pembuat kebijakan

2. mengamati identitas masyarakat

3. ruang dialog dengan masyarakat

4. pemetaan rencana implementasi kebijakan

5. memastikan komunitas penting terakomodasi dengan kebijakan yang akan dibuat

Dijelaskan, dari suatu data yang dimiliki, pemerintah dapat meninjau asumsi kebijakan, memahami masyarakat dan perilaku, menstimulasi interaksi antara politisi-pembuat kebijakan-publik, serta menyediakan informasi opini publik terkait rencana kebijakan.

Baca juga: Calon Mahasiswa, Ini Lho Perbedaan Jurusan Geomatika dan Geofisika

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com