Kompas.com - 06/05/2022, 08:50 WIB
|

KOMPAS.com - Saat ini, kemajuan teknologi membawa dampak luar biasa di berbagai sektor. Telebih mengenai Big Data yang juga menjadi arus utama dalam setiap aktivitas masyarakat sehari-hari.

Untuk itulah di pemerintah, big data punya peranan penting dalam menentukan tindakan dan langkah ke depan bagi kebijakan publik.

Demikian disampaikan Ketua Program Studi Magister Ekonomi Terapan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Padjadjaran (Unpad) Dr. Bayu Kharisma, M.M., M.E., dalam Webinar akhir April 2022 lalu.

Baca juga: Tips Memilih Produk Halal dari Peneliti Unpad

Menurutnya, big data sangat berpotensi digunakan dalam kebijakan publik. Hal ini karena pemerintah membutuhkan respons isu yang cepat dan akurat.

Peranan penting big data

Maka, dari teknologi ini sangat berpotensi mewujudkan hal itu. Semua tak lain karena kemajuan dari teknologi informasi dan komunikasi.

"Penggunaan data dan informasi dapat meningkatkan kualitas kebijakan publik yang cermat," ujarnya seperti dikutip dari laman Unpad, Jumat (6/5/2022).

"Dan diharapkan berbasis pada data real-time, sehingga mampu menjawab situasi terkini bagi publik," imbuhnya.

Ia menambahkan, potensi dari big data bukan imajinasi atau hanya topik diskusi ilmiah semata. Teknologi ini harus berperan dan benar-benar dimanfaatkan dalam hal pengambilan keputusan.

Narasumber lain, Dosen Kebijakan Publik dan Manajemen Monash University, Australia, Ika Karlina Idris, PhD., mengatakan, big data berperan sebagai:

1. pemindaian untuk melihat kondisi terkini oleh pembuat kebijakan

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.