Kompas.com - 02/05/2022, 12:47 WIB
|

KOMPAS.com - Kurma termasuk buah yang tidak mengenal musim untuk berbuah. Di bulan Ramadhan. kurma juga biasa disantap menjadi kudapan ketika berbuka puasa maupun sahur.

Buah ini juga mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kurma tidak bisa tumbuh di sembarang tempat.

Biasanya kurma tumbuh di daerah arid (gersang) atau daerah dengan iklim kering. Seperti Timur Tengah dan wilayah Afrika Utara semacam Mesir.

Ada beberapa negara yang menjadi penghasil kurma terbanyak di dunia lho. Melansir dari laman Kelas Pintar, Minggu (1/5/2022), berikut negara penghasil kurma terbesar di dunia yang patut diketahui siswa.

Baca juga: Beasiswa Microcredential bagi Guru PAUD-SD Diperpanjang, Cek Syaratnya

Negara penghasil kurma terbesar di dunia

Data dari Food and Agriculture Organization (FAO) Persatuan Bangsa Bangsa (PBB), berikut 7 negara penghasil kurma terbesar di dunia:

1. Mesir

Umumnya kurma asal Mesir adalah jenis kurma Hayang dan Zaghloul. Mesir tercatat memproduksi sekitar 1,5 juta ton kurma.

Mesir memiliki 15 juta pohon kurma yang tersebar di seluruh penjuru wilayahnya. Mesir mengekspor 53 persen dari 3 persen kapasitas ekspornya ke Maroko. Kemudian disusul 24 persennya ke Indonesia dan Malaysia sekitar 15 persen. 

2. Arab Saudi

Kurma asal Arab Saudi paling umum adalah jenis kurma Ajwah, Al Khunaizi, Khalasah, Medjool, dan Rotab. Arab Saudi tercatat memproduksi sekitar 1,3 juta ton kurma. Arab mampu menghasilkan sekitar 900 ribu ton kurma setiap tahunnya.

Baca juga: Bank UOB Buka Lowongan Kerja bagi S1-S2 Fresh Graduate, Ayo Daftar

Halaman Selanjutnya
Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.