Kompas.com - 30/04/2022, 08:03 WIB
|

KOMPAS.com - Universitas Mataram (Unram) merupakan salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) terbaik di wilayah timur Indonesia.

Dalam penerimaan mahasiswa baru tahun 2022, Unram berkomitmen membantu mahasiswa yang tidak mampu untuk menggapai mimpinya saat menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Salah satu caranya dengan memberikan keringanan biaya kuliah bagi mahasiswa yang berasal dari keluarga kurang mampu.

Baca juga: Bank UOB Buka Lowongan Kerja bagi S1-S2 Fresh Graduate, Ayo Daftar

Unram beri program pendidikan dokter gratis

Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Bambang Hari Kusumo mengatakan, pihak Unram mengadakan program utama yang dicanangkan yakni program pendidikan dokter gratis bagi yang tidak mampu.

"Untuk pendaftaran melalui jalur tidak mampu, pendaftarannya gratis, UKT-nya juga gratis, semuanya gratis. Kita buatkan kuota, berapa kuotanya? Ini yang nanti akan kita bicarakan," urai Rektor Universitas Mataram (Unram) Prof. Bambang Hari Kusumo seperti dikutip dari laman Unram, Sabtu (30/4/2022).

Sejauh ini yang sudah menyanggupi program ini adalah Pendidikan Dokter. Sedangkan program studi yang lainnya masih menunggu kesepakatan dari para dekan.

Baca juga: Cek Ciri Daging Sapi Gelonggongan Menurut Dosen UM Surabaya

Ia berharap dengan adanya program pendidikan dokter gratis bagi orang tidak mampu, akan memutus rantai kemiskinan.

"Kalau kita belajar dari kemiskinan, pendidikannya rendah, nanti dia akan mendapatkan pekerjaan yang tidak layak, pendapatannya rendah, kembali lagi ke anak cucunya pendidikanya rendah. Terus begitu siklusnya dan tidak akan terputus," tegas Prof. Bambang.

Melalui program ini, lanjut Prof. Bambang, Unram bisa memberi orang tidak mampu kesempatan untuk menjadi dokter, menjadi arsitek, dan yang lainnya.

Prof. Bambang Hari Kusumo juga menyampaikan sejumlah program Unram ke depannya. Program yang sedang direncanakan untuk meningkatkan indikator kinerja utama Unram dan mencapai visi Unram menjadi universitas berbasis riset dan berdaya saing internasional.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.