Kompas.com - 29/04/2022, 20:31 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Setelah lulus kuliah, mahasiswa tentu berharap bisa segera mendapat pekerjaan sesuai kemampuan mereka.

Namun mendapatkan pekerjaan dengan cepat juga bukan perkara mudah. Karena kekhawatiran menjadi pengangguran terlalu lama, banyak juga lulusan baru yang memilih melanjutkan studi lagi ke jenjang lebih tinggi.

Langsung kerja atau melanjutkan S2 memang menjadi hal dilematis bagi para mahasiswa. Namun demikian, hal ini jangan menyebabkanmu terjebak di kondisi Postponing Reality.

Melansir dari akun Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Ditjen Dikti Kemendikbud Ristek), Jumat (29/4/2022) menjelaskan tentang Postponing Reality.

Baca juga: Daftar SBMPTNP Kemenparekraf 2022, Cek Syarat, Jadwal dan Biayanya

Pengertian Postponing Reality

Postponing Reality adalah keadaan dimana kamu memilih untuk menunda berhadapan langsung dengan realitas atau keadaan nyata di dunia kerja.

Kebanyakan dari anak muda saat ini, setelah lulus langsung melanjutkan S2 sebagai bentuk "pelarian" karena tidak tahu harus melakukan apa. Hal itu terjadi karena menganggap melanjutkan studi itu lebih baik daripada menganggur.

Menyikapi kondisi ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim mengatakan, analoginya mahasiswa akan keluar ke laut terbuka.

Baca juga: Sediakan Kuota 50 Persen di Jalur Mandiri, Cek 5 Jurusan Favorit UM

Mahasiswa harus dilatih "terjun ke laut"

Namun bagaimana mahasiswa bisa melompat ke laut dengan segala tantangan yang bisa saja ditemui.

"Gimana mahasiswa ini mau nyebur ke laut dengan arus, angin, ombak dan hiu-hiu. Kalau dia gak sekali-sekali dilatih di laut juga. Jadi itu kenapa Kampus Merdeka dilakukan 3 semester di luar prodi," kata Nadiem Makarim.

Sebagai komunitas non-profit kelas dunia, perusahaan-perusahaan dan universitas harus berpartisipasi melatih mahasiswanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.