Kompas.com - 29/04/2022, 19:45 WIB
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Selalu ada cerita unik dari tiap bulan Ramadan yang dijalankan umat Muslim di berbagai belahan dunia.

Khususnya warga negara Indonesia yang menjalankan ibadah puasa di negara lain dan jauh dari keluarganya.

Kondisi ini tentu membutuhkan sejumlah penyesuaian. Mulai dari durasi puasa, makanan yang harus dimakan untuk sahur dan buka puasa.

Cerita unik saat berpuasa juga disampaikan alumni FIO Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Abdul Muin sekaligus Ketua Divisi Olahraga Perhimpunan Mahasiswa Muslim Indonesia Shanghai (Permusim) 2020 menceritakan pengalaman berpuasa selama menjadi mahasiswa di Tiongkok.

Baca juga: Bank UOB Buka Lowongan Kerja bagi S1-S2 Fresh Graduate, Ayo Daftar

Ramadan di Tiongkok kental dengan rasa kekeluargaan

Menurut dia, kendati muslim minoritas, tetapi banyak yang mengadakan acara buka bersama dari perkumpulan para mahasiswa muslim yang berkuliah di Shanghai, Tiongkok.

"Perkumpulan itu seperti Ramadhan Shanghai Tiongkok, Bukber KJRI, Bukber Kemerdekaan," ujar Abdul seperti dikutip dari laman Unesa, Jumat (29/4/2022).

Dia mengatakan, tidak hanya berbagai acara buka puasa bersama, tetapi juga pelaksanaan tarawih serta lebaran yang terlaksana di Shanghai, Tiongkok juga dilakukan secara bersama-sama.

"Rasa kekeluargaan sangat terasa," paparnya.

Baca juga: Undip Buka Kelas Internasional, Ini 15 Pilihan Prodinya

Beri penguatan secara spiritual

Hal itu juga diungkapkan Founder Permusim Shanghai Su'udut Tasdiq. Baginya, menjalani bulan Ramadhan di Tiongkok memberikan pengalaman spiritual tersendiri baginya.

Tiongkok merupakan salah satu negara di mana Muslim sebagai minoritas. Selain itu di Tiongkok juga memiliki musim yang terbilang ekstrim. Kendati demikian, ada kejelasan antara mana makanan haram dan mana yang halal.

Halaman:
 
Pilihan Untukmu


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.