Kompas.com - 29/04/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Times Higher Education (THE) menerbitkan hasil THE University Impact Rankings 2022.

Pemeringkatan ini menunjukkan bagaimana sektor pendidikan tinggi global bekerja menuju Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) PBB.

Pada tahun ini UGM berhasil menembus posisi 10 besar dunia untuk SDG 1, yaitu No Poverty atau Tanpa Kemiskinan.

“Dalam pemeringkatan THE University Impact Rankings tahun ini, UGM berpartisipasi dalam keseluruhan 17 SDGs. Dari 17 SDGs yang dinilai, UGM menunjukkan peningkatan performa yang cukup signifikan pada 4 SDGs dan berhasil menembus posisi 10 besar dunia untuk SDG 1,” terang Rektor, Prof. Panut Mulyono, dilansir dari laman UGM.

Baca juga: Dua Beasiswa BCA 2022 Dibuka untuk Siswa SMA-SMK

Ia memaparkan, peringkat UGM untuk SDG 1 berada pada posisi ke 10, melompat 6 peringkat dari tahun sebelumnya.

Selain itu UGM juga berhasil memperbaiki peringkat untuk dua SDG lainnya menjadi posisi 20 besar dunia yaitu peringkat 12 untuk SDG 8: Decent Work and Economic Growth (pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi) serta peringkat 20 untuk SDG 2: Zero Hunger (tanpa kelaparan).

Untuk SDG lainnya, UGM menduduki peringkat 50 untuk SDG 16: Peace, Justice and Strong Institutions (perdamaian, keadilan dan kelembagaan yang tangguh) serta masuk peringkat 100 besar dunia untuk 5 SDGs lainnya.

UGM berhasil meraih posisi ke-53 untuk SDG 7: Affordable and Clean Energy (energi bersih dan terjangkau).

Lalu posisi ke-62 untuk SDG 15: Life on Land (ekosistem daratan), posisi ke-75 untuk SDG 6: Clean Water and Sanitation (air bersih dan sanitasi layak).

Kemudian posisi ke-77 untuk SDG 14: Life below Water (ekosistem laut), dan posisi ke-100 untuk SDG 9: Industry, Innovation and Infrastructure (industri, inovasi dan infrastruktur).

Baca juga: Kemenparekraf Buka Seleksi Mahasiswa Baru 2022, Ini 6 Kampusnya

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.