Gandeng Tokopedia dan Kariermu, Qourse Hadirkan Digital Learning untuk Kartu Prakerja

Kompas.com - 21/04/2022, 13:10 WIB

KOMPAS.com - PT Qerja Akademi Indonesia melalui Qourse.id menjalin kerja sama dengan Tokopedia dan Karier.mu sebagai platform digital partner penjualan materi pelatihan sejak Maret 2022 lalu.

Salah satu program unggulan menarik adalah “Menjadi Kreator Komik Digital" yang dikembangkan Bumi Langit Digital Mediatama (BLDX). Materi tersebut kini sudah tersedia untuk peserta program dan dapat diakses melalui laman Karier.mu.

"Meski penuh tantangan, pilihan pekerjaan di sektor Ekonomi kreatif masih sangat menjanjikan," ungkap CEO Bumilangit Digital Mediatama, Budiasto melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (21/4/2022).

"Untuk itu diperlukan pemenuhan technical dan soft skill spesifik agar mampu bersaing di pasar yang kompetitif salah satunya melalui modul pelatihan yang kami kembangkan,” tambah Budiasto.

Raynata, Direktur PT Qerja Akademi Indonesia menjelaskan Qourse.id hadir dengan semangat untuk mendukung objektif pemerintah dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia terutama dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi Indonesia.

Ia juga menjelaskan, pihaknya menargetkan pengguna dari golongan usia produktif di rentang usia 18-30 tahun, mulai dari lulusan jenjang pendidikan SMA/SMK, fresh graduate perguruan tinggi yang menjadi peserta penerima program Kartu Prakerja.

Saat ini di website Qourse.id sendiri, telah memiliki 8 kategori pelatihan yang dimana setiap kategori adalah materi materi yang dapat dipelajari untuk meningkatkan skill di dunia kerja maupun wirausaha, delapan kategori tersebut mencakup bahasa hingga dunia kecantikan.

"Kami berharap, Qourse.id bisa terus dapat berkontribusi dengan Pemerintah untuk dapat terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia," ujar Raynata.

Sarana anak muda mendapatkan skill

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengutip riset Cyrus Network mengungkap 93 persen penerima Kartu Prakerja menyatakan bahwa pelatihan yang diikuti mendorong kewirausahaan.

Baca juga: Peneliti UI: Kartu Prakerja Kurangi Dampak Kesehatan Mental akibat Pandemi

Sementara itu, 98 peserta Prakerja mengaku pelatihan yang diambil meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan soft skill. Selain itu, juga ada penurunan angka status pengangguran dari 56 persen menjadi 39,8 persen setelah mengikuti program.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.