Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gandeng Tokopedia dan Kariermu, Qourse Hadirkan Digital Learning untuk Kartu Prakerja

Kompas.com - 21/04/2022, 13:10 WIB
Yohanes Enggar Harususilo

Penulis

KOMPAS.com - PT Qerja Akademi Indonesia melalui Qourse.id menjalin kerja sama dengan Tokopedia dan Karier.mu sebagai platform digital partner penjualan materi pelatihan sejak Maret 2022 lalu.

Salah satu program unggulan menarik adalah “Menjadi Kreator Komik Digital" yang dikembangkan Bumi Langit Digital Mediatama (BLDX). Materi tersebut kini sudah tersedia untuk peserta program dan dapat diakses melalui laman Karier.mu.

"Meski penuh tantangan, pilihan pekerjaan di sektor Ekonomi kreatif masih sangat menjanjikan," ungkap CEO Bumilangit Digital Mediatama, Budiasto melalui rilis resmi yang diterima Kompas.com (21/4/2022).

"Untuk itu diperlukan pemenuhan technical dan soft skill spesifik agar mampu bersaing di pasar yang kompetitif salah satunya melalui modul pelatihan yang kami kembangkan,” tambah Budiasto.

Raynata, Direktur PT Qerja Akademi Indonesia menjelaskan Qourse.id hadir dengan semangat untuk mendukung objektif pemerintah dalam meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia terutama dalam mendukung percepatan pemulihan ekonomi Indonesia.

Ia juga menjelaskan, pihaknya menargetkan pengguna dari golongan usia produktif di rentang usia 18-30 tahun, mulai dari lulusan jenjang pendidikan SMA/SMK, fresh graduate perguruan tinggi yang menjadi peserta penerima program Kartu Prakerja.

Saat ini di website Qourse.id sendiri, telah memiliki 8 kategori pelatihan yang dimana setiap kategori adalah materi materi yang dapat dipelajari untuk meningkatkan skill di dunia kerja maupun wirausaha, delapan kategori tersebut mencakup bahasa hingga dunia kecantikan.

"Kami berharap, Qourse.id bisa terus dapat berkontribusi dengan Pemerintah untuk dapat terus meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di Indonesia," ujar Raynata.

Sarana anak muda mendapatkan skill

Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari mengutip riset Cyrus Network mengungkap 93 persen penerima Kartu Prakerja menyatakan bahwa pelatihan yang diikuti mendorong kewirausahaan.

Baca juga: Peneliti UI: Kartu Prakerja Kurangi Dampak Kesehatan Mental akibat Pandemi

Sementara itu, 98 peserta Prakerja mengaku pelatihan yang diambil meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan soft skill. Selain itu, juga ada penurunan angka status pengangguran dari 56 persen menjadi 39,8 persen setelah mengikuti program.

"Kartu Prakerja menjadi pintu bagi anak muda untuk mendapatkan skill yang dibutuhkan dan mengetahui peluang kerja yang tersedia secara cepat," ucap Denni.

Denni menambahkan, total pendaftar Program Kartu Prakerja mencapai jumlah yang signifikan sejak dibuka pada 2020. Hingga saat ini, total pendaftar Program Kartu Prakerja telah mencapai 86 juta orang hingga saat ini.

Jumlah tersebut sangat signifikan jika dibandingkan dengan jumlah orang yang diterima, yang mencapai 11,4 juta peserta hingga tahun lalu.

Dalam menjangkau dan memenuhi berbagai aspirasi lebih dari 11,4 juta peserta, Kartu Prakerja membangun kemitraan dengan banyak portal unggulan tanah air, di antaranya Karir.com dan Jobs.id yang tergabung di bawah naungan ekosistem PT Qerja Manfaat Bangsa (Qerja).

Baca juga: Konten Pelatihan Program Kartu Prakerja seperti Konten Gratis di Youtube

 

Saat ini, Qerja juga kembali menghadirkan solusi mitra pelatihan untuk Kartu Prakerja, khususnya menyasar segmen milenial melalui yang bertujuan pemenuhan kebutuhan human capital perusahaan di Indonesia secara menyeluruh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com