Kompas.com - 21/04/2022, 12:23 WIB
Penulis Dian Ihsan
|
Editor Dian Ihsan

KOMPAS.com - Peneliti Senior Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Betty Roosihemiatie memberikan paparan tentang pentingnya kesehatan dan kepemimpinan dalam tema yang bertajuk "Desentralisasi Kesehatan dan Kepemimpinan Transformatif".

Menurut dia, desentralisasi berasal dari bahasa latin, yakni De yang berarti lepas dan Centrum yang artinya pusat.

Baca juga: Ini 4 Tips Puasa Ramadhan bagi Penderita Mag dari Dokter RSA UGM

"Yang mana secara pengertian adalah penyerahan wewenang politik dan administrasi dari puncak hirarki organisasi (pusat) kepada jenjang organisasi di bawahnya (daerah)," ungkap Betty melansir laman Unair, Kamis (21/4/2022).

Dia menyebut, tujuan desentralisasi adalah mewujudkan demokrasi pemerintah daerah, merealisasikan potensi dan kesetaraan daerah, serta memaksimalkan kondisi sosial ekonomi daerah.

Di dalam perundang-undangan, perihal Desentralisasi juga dimasukkan dalam UU No 32 Tahun 2004 tentang Desentralisasi dan Peraturan Pemerintah No 38 Tahun 2007 tentang Pembagian Tugas Urusan Pemerintahan.

"Khusus untuk pembagian bidang kesehatan, sub-sub bidang antara lain upaya kesehatan, yang berisi pelibatan masyarakat, yakni pencegahan dan pemberantasan penyakit, menciptakan lingkungan sehat, perbaikan gizi masyarakat," ungkap dia.

"Tidak lupa juga pelayanan kesehatan perorangan dan masyarakat," tambah dia.

Lanjut dia mengungkapkan, terdapat 3 indikator negara maju lewat Indeks Pembangunan Manusia (IPM), yakni kesehatan, pendidikan, dan ekonomi.

"Karena itu (dari segi kesehatan) Kementerian Kesehatan pada 2021 menetapkan enam prioritas kesehatan yang menjadi concern," ujar dia.

Baca juga: Viral Aksi Hapus Email demi Selamatkan Bumi, Ini Tanggapan Dosen UNS

Yang pertama, adalah mendapatkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Menurut data 2021, ada peningkatan kepesertaan dengan total sebanyak 229,51 juta.

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.