Andaru Psikologi Untar
Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara

Kolom bincang masalah mahasiswa bersama Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara.

Andaru memiliki makna yang sarat akan kebahagiaan. Kolom ini mengajak pembaca membahas masalah seputar kehidupan mahasiswa, baik terkait akademik maupun non-akademik.

Bagi pembaca yang ingin berkonsultasi lebih lanjut, silahkan menghubungi Pusat Bimbingan & Konsultasi Psikologi (PBKP) Untar melalui kontak: 081292926276, email layanan: konsul.psikologi@untar.ac.id

Fakultas Psikologi Untar memiliki program sarjana, magister, dan profesi.

Lokasi: Jl. Letjen S. Parman No.1, Jakarta Barat. Website: http://untar.ac.id

Kenali Minat Terlebih Dulu Sebelum Pilih Jurusan Kuliah

Kompas.com - 19/04/2022, 15:58 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini
Editor Dian Ihsan

Oleh: Chandra Susanto, SPsi (Mahasiswa Magister Profesi Psikologi Pendidikan) | Rahmah Hastuti, M.Psi., Psikolog (Dosen Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara)

KOMPAS.com - Pendidikan merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan kita. Pendidikan adalah suatu wadah agar kita dapat memperoleh pengetahuan dan informasi yang luas.

Pentingnya pendidikan dapat dilihat dari isi Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945. Pada alinea ke empat dari Pembukaan UUD 1945 mengamanatkan agar pemerintah negara wajib mencerdaskan kehidupan bangsa.

Baca juga: Pakar Unair: UU TPKS Disahkan, Laporan Kekerasan Seksual Bisa Tinggi

Melalui amanat Pembukaan UUD 1945 tersebut, pemerintah membentuk suatu sistem pendidikan, dan membuat kebijakan wajib belajar.

Kebijakan wajib belajar selama 12 tahun yang dibuat oleh pemerintah dimulai dari tingkat Sekolah Dasar (SD) selama 6 tahun, tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) selama 3 tahun, dan juga tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) selama 3 tahun pula.

Kewajiban para anak-anak Indonesia untuk mengenyam pendidikan didukung juga oleh penyediaan fasilitas pendidikan yang bebas dari pungutan biaya.

Para pelajar yang telah mengikuti program atau kebijakan dari pemerintah untuk wajib sekolah selama 12 tahun, cukup banyak yang ingin melanjutkan pendidikan ke tingkat yang lebih tinggi, yaitu tingkat pendidikan sarjana.

Dalam mewujudkan keinginan para pelajar untuk meneruskan ke jenjang pendidikan sarjana, para pelajar telah mempersiapkan diri sejak mereka akan memasuki tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA). Seperti yang kita ketahui, tingkat sekolah menengah atas terdiri dari dua yaitu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan SMA itu sendiri.

Pada jenjang SMA pada umumnya terdiri dari 3 jurusan yaitu jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), jurusan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), dan juga jurusan bahasa.

Sedangkan pada jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdiri dari cukup banyak jurusan seperti jurusan bisnis dan manajemen, jurusan akuntansi, jurusan administrasi perkantoran, jurusan desain grafis, jurusan keperawatan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Rektor UGM Periode 2022-2027 Harus Fokus, Tidak Usah Nyambi

Halaman:


Video Pilihan

 

Konten pilihan untukmu

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.