Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 17/04/2022, 16:26 WIB
Albertus Adit

Penulis

KOMPAS.com - Pandemi Covid-19 membawa dampak luar biasa di segala bidang. Tak hanya negatif, tetapi pandemi juga berdampak positif, khususnya menyangkut percepatan digitalisasi.

Hal ini dapat dilihat dari data Kominfo pada akhir 2021 bahwa penetrasi internet justru naik lebih dari 200 persen selama masa pandemi.

Digitalisasi disegala bidang khususnya dalam mendukung berbagai akselerasi dan percepatan pembangunan di Indonesia menjadi program unggulan bagi Kominfo.

Baca juga: Webinar UAD Beberkan Cara Bangun Bisnis di Era Digital

Terkait hal itu, Sekolah Tinggi Multi Media (STMM) MMTC Yogyakarta, sebagai lembaga pendidikan di bawah Balitbang Kominfo berkomitmen mendukung digitalisasi baik dalam penyiapan teknologi maupun pengembangan sumber daya manusia.

Menurut Ketua STMM MMTC Yogyakarta Ir. Noor Izza, M.Sc., dalam waktu dekat pihaknya akan membuka program pasca sarjana bidang digital leadership.

Hal ini dirasa sangat penting untuk menunjang pemenuhan kebutuhan SDM yang siap melakukan transformasi digital diberbagai bidang.

Khususnya di era disrupsi informasi, kecakapan digital menjadi hal yang sangat penting pada sektor managerial untuk mendukung berbagai akselerasi.

Selain itu, pada Rabu 20 April 2022 STMM MMTC Yogyakarta melalui Prodi Managemen Informasi dan Komunikasi akan menggelar seminar internasional.

Baca juga: Lulus PPPK, Komisi X DPR: Guru Swasta Bisa Mengajar di Sekolah Asal

Adapun temanya ialah "The Practice of Digital Leadership to Boost Clean and Agile Governance".

Menkominfo Johny G Plate dijadwalkan akan menjadi keynote speaker dan menghadirkan 3 narasumber lainnya dari sisi akademisi praktisi dan industri.

Sementara ketua pelaksanaan seminar Dr. Sintar Nababan, M.Si., mengatakan bahwa seminar ini merupakan rangkaian awal dari acara call for paper for Internasional Seminar yang akan dilaksanakan STMM MMTC pada november mendatang.

Untuk narasumbernya ialah:

1. Dr. Taufiq Asyhari dari Birmingham University

2. Dr. M Yopan dari Amazon Web Service

3. Dr. Kirti Dong Longani dari Patil University India

"Seminar ini akan dilaksanakan secara hybrid dari Laboratorium STMM MMTC Yogyakarta dan akan dilaksanakan melalui aplikasi zoom dan youtube live," ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Minggu (17/4/2022).

Ia juga menjelaskan bahwa seminar internasional ini merupakan komitmen STMM MMTC untuk semakin berkomitmen dalam menyiapkan SDM bertalenta kepemimpinan digital.

Baca juga: 10 Universitas Terbaik di Indonesia Versi SIR 2022, Siapa Teratas?

Seminar ini mentargetkan 500 peserta secara hybrid yang terdiri dari akademisi, praktisi komunikasi digital, pemerintah pusat maupun daerah serta mengundang berbagai stakeholder juga media.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com